Widget HTML Atas

Cara membuat mol microganisme lokal dari sabut kelapa

Mol dari sabut kelapa ini bisa kita pakai sebagai pupuk untuk melakukan pembungaan tanaman karena didalamnya terdapat kandungan unsur yang mendominasi adalah kaliumnya (K) tapi banyak juga kandungan lainya sepeti natrium dan magnesium dll

*sumber : bukalapak.com

Nah berikut cara membuat mol sabut kelapa, siapkan sabut kelapa.. syukur2 kalo sabut kelapanya sudah dalam bentuk halus atau cocopiet. Tapi ndak perlu repot2 bisa langsung pakai sabut kelapa saja
Yang kedua adalah air bersih. Pakai saja air sumur.. jangan pakai air pdam ya.. air sumur saja.


Biar lebih gampang potong sabut kelapa menjadi bahian kecil2 supaya drum yang kita gunakan bisa menampung sabut kelapa lebih banyak.. oh iya sabut kelapa cari dimana ya ??

kepasar aja buanyak disana di buang2 malahan. Tapi ada sebagian yang di ambil sih untuk pembutan sapu dan keset. Tapi kenayakan malah di buang atau dijadikan kayu bakar. Soalnya disini tidak ada pengolaham limbah sabut kelapa menjadi cocopiet.

Oke kembali ke laptop. Masukkan sabut kelapa kedalam drum dan rendam denga air kemudian tutup rapat selama 2 minggu tidak usah ditambahkan bakteri starter tapi kalo mau ditambahkan bakteri penambat kalium juga boleh.

Setelah 2 minggu air dalan drum akan berubah menjadi warna coklat dan agak kehitaman nah jika seperti ini bisa langsung kita pakai sebagai pupuk ketanaman dengan bisa langsung disiramkan atau langsung disemprotkan ketanaman.

Baca Juga : Tips cara membuat bonsai dari pohon asam jawa