Widget HTML Atas

Tips cara membuat bonsai dari pohon asam jawa

Saya pernah bertanya2 bagaimana ya bikin bonsai kayak gitu. Batang yg besar tapi bisa muat didalam pot yg sedemikian sempit. Ya karena penasaran prakteklah saya.. pikir2 dulu gimana caranya ??apa dicangkok atau bagaimana.. atau tanam dari biji dan nunggu bertahun2 supaya bisa batangnya sebesar itu. Hehehe.

Karena penasaran berkunjunglah saya ketempat orang yang suka bikin bonsai2 gitu. Ternyta disana ndak ada bonsai dari pohon asam jawa..yg ada dari pohon beringin dan sejenisnya. Tapi belian kasih tips untuk membuat bonsai dari pohon asem itu ada 2 yang pertama dari biji yg kita tanam kemudian di kerdilkan dan yg ke dua dari bongkahan pohon asam bagian bongkahan yang ada akarnya supaya gampang tumbuhnya.
Nah berikut ini cara membuat bonsai dari tanaman asam jawa.

*sumber : tokopedia.com

Karena saya bukan ahli dan hanya iseng2 saja jadi suka2 kalian deh mau bentuk tuh bonsai jadi kayak gimana.

Gunakan bantuan kawat untuk membentuk dahan yang masih muda. Dibentuk sesuai keinginan kalian..kalo mau bentuk2 yang kayak begini harus punya jiwa seni dan harus ada filosofinya kata pak tukang bonsainya. Kalo saya mah bentuk bentuk aja. Nanti kalo gak sesuai tinggal kita ubah lagi. Wkwk

Nah pangkas saja dahan yang terlalu rimbun agar muncul dahan2 baru lagi untuk kita bentuk.
Nah jika sudah beberapa bulan dahan sudah mulai terbentuk maka lilitan kawat bisa kita lepasakan.
Itu aja sih untuk pemupukannya saya cuman pakai pupuk kandang dan NPK mutiara.

Memang masih banyak kekurangan namanya juga coba2..nanti kalo salah ya minta maaf..hehhe
Semoga bermanfaat ya kawan....
Baca Juga : Apakah yang dimaksud dengan epifit