Widget HTML Atas

Cara memperbanyak em4 pertanian dengan media air kelapa

Saya sangat jarang sekali membeli starter em4 pertanian dipasaran setelah tau cara memperbanyak em4 lewat media air kelapa. Kalo diperhatikan bakteri bakteri yang berada didalam botol itu sudah berbulan-bulan lamanya dan mereka itu dalam keadaaan dorman atau tidur. Jadi misalnya langsung kita aplikasikan ke tanah maka hasilnya akan kurang maksimal. 

Bayangkan saja bangun tidur belum apa2 belum sarapan belum makan sudah disuruh kerja dilahan ya pasti akan loyo dan kalah dengan bakteri bakteri dari alam lainya.
Jadi sebelum mengaplikasikanya ada baiknya kita bangunkan terlebih dahulu dengan cara memberi mereka makan dengan prebiotik atau bahan makanan bakteri bisa berupa gula merah atau tetes tebu. Saya sarankan pakai gula merah saja. Air kelapa dan gula merah sudah sangat bagus untuk media perkembang biakan bakteri.


Nah berikut ini cara memperbanyak bakteri em4 pertanian.
Kita siapkan air kelapa sebanyak 25 liter kemudian gula jawa atau merah sebanyak 2 kg. Lelehkan terlebih dahulu gula merah dengan air panas dan tunggu sampai keadaanya dingin. Dan siapkan 1 botol em4 pertanian untuk starter.

Masukan ke semua bahan kedalam jerigen. Aduk2 sebentar sampai merata kemudian tutup rapat jangan lupa untuk membukanya setiap 3 hari sekali agar gas yang dihasilkan bisa keluar. Dan tidak membuat botol atau derigen meledak.

Diamkan selama kurang lebih 2 minggu baru bisa kita aplikasikan ke lahan pertanian. Jika nanti mau habis maka tinggal kita tambahkan lagi air kelapanya dan gula jawa sperti diatas. Biasanya dalam 25 liter yang sudah jafi bisa saya pakai selama berbulan2 dan tidak akan pernah habis selama biangnya masih masih ada dalam derigen.

Untuk pengaplikasiannya gunakan saja 10 cc dari 25 liter untuk satu liter air cukup hemat bukan. Tinggal kita mau gunakan untuk apa. Utuk membuat kompos atau untuk menyuburkan tanaman didalam tambulampot. Bisa juga langsung di aplikasikan ketanaman padi lewat peyemprotan daun.

Jika dirasa mendapatka air kelapa kalia  kesulitan teman2 bisa menggunakan air cucian beras yang pertama dangan ditambahkan gula jawa atau gula merah.

Untuk pertanian maka sterter bakteri yang paling baik itu bisa mendapatkan dari alam yaitu dari rumen sapi.
Baca Juga : Apakah yang disebut dengan tanaman parasit atau benalu