Skip to main content

Cara sederhana menangkap bakteri dari alam untuk dijadikan em4

Cara termudah menangkap bakteri dari alam sebagai beeikut ini cara pertama kita cabut akar tanaman perdu ambil yang paling subur diantara tanaman yang lainnya. Lalu potong pangkal akarnya. Kemudian siapkan wadah yang sudah disisi air bersih dan irisan gula merah kemudian masukkan pangkal.akar tadi dan kemudian tutup dengan kertas koran dan ikat denga kencang biarkan selama 7 hari setelah itu kita saring maka bakteri sudah jadi dan siap diaplikasika untuk penyubur tanaman.



Cara yang kedua adalah siapkan nasi atau bahan lainnya yang mengandung karbohidrat masukkan kedalam toples dan tutup toples dengan kertas yang berpori atau pakai kertas biasa kemudian kita lubagi dengan jarum. Dan jangan lupa kertasnya untuk diikat dengan karet.

Setelah itu kita kubur toples tadi di bawah pohon yang rimbun dekat dengan perakarannya sedalam 50 cm dan Biarkan selama satu minggu setelah itu bisa kita bongkar kembali dan diencerkan dengan air bersih ditambah dengan gula merah sebagai makanannya maka ini sudah menjadi biang bakteri lagi.

Cirinya jika berhasil maka baunya yang khas sepeti bau tape. Jika berbau busuk maka proses penangkapan bakteri kita sudah gagal dan buang saja dan lakukan penangkapan bakteri lagi.