Widget HTML Atas

Pengendalian gulma padi yang menjadikan tanaman padi subur

Sudah tidak dipungkiri lagi, Ketika kita menanam padi maka akan disertai gulma atau rumput di sekitaran tanaman padi tersebut padahal kita tidak menanam rumput tapi mereka tumbuh dengan sendirinya.
Dengan banyaknya gulma yang banyak disela2 tanaman padi akan menjadikan produksi tanaman padi menjadi turun karena persaingan penyerapan nutrisi antara gulma dan padi.

bertanam padi


Maka dari itu untuk mendapatkan hasil panenan yang maksimal maka petani melakukan penyiangan gulma denga tangan atau dengan sebuah alat. Penyiangan gulma padi ini sering disebut "matun".  Atau bahasa sunda adalah "dirambet".

Nah manfaat lain dari.pengendalian gulma ini adalah dengan menginjak-injak tanah disekitaran perakaran padi yang mana ini akan memaksukan oksigen kedalam tanah dan ini sangat penting sekali bagi kesehatan perakaran tanaman padi.

Di jaman sekarang para petani juga sudah mulai mengunakan herbisida atau racun rumput untuk melakukan pengendalian hama tanaman padi. Akan tetapi ini juga akan mengenai tanaman padi kita.  Maka dari itu gunakan semprotan dengan pelindung seperti kerucut diujungnya agar herbisida yang disemprotkan tidak mengenai tanaman padi. Jika sedikit saja terkena herbisida maka tanaman padi kita akan menguning dan sulit sekali untuk tumbuh.
Baca Juga : Apakah yang maksud dengan meranggas