Widget HTML Atas

Pohon kelapa termasuk kedalam tanaman berkambium atau tidak berkambium?

Pertanyaan dari adik ku si bungsu saat ini masih kelas 3 SD yang masih kebingungan dan malah sering berdebat dengan  teman sekelasnya tentang jawabanya. Yang jelas jawabanya pohon kelapa termasuk pohon yang tidak berkambium tapi batang pohon kelapa bisa kita gunakan sebagai bahan bangunan. Atau biasa disebut dengan kayu glugu. Kayu dari pohon kelapa ini bisa sangat awet jika kita bisa menjaganya agar tidak terkena air sedikitpun. Jika sampai terkena air maka kayu akan mudah lapuk dan tidak kuat lagi jika digunakan sebagai bahan bangunan.


Kembali ke pembahasan kenapa kayu pohon kelapa termasuk dalam golongan tanaman yg tidak berkambium..?karena memang ya tidak ada kambiumnya coba deh belah batangnya maka kita tidak akan menjumpai lingkaran2 kambium didalamnya.

Pohon kelapa itu termasuk kedalam golongan tanaman yang berbiji tunggal. Coba perhatikan pohon kelapa dari atas sampai bawah besarnya hampir sama saja. Nah jika pohon berkambium maka besarnya akan berbeda.

Tanaman jagung dan tebu serta padi. Dari ujung sampai atas besaran batangnya semua sama. Maka dari itulah maka pohon kelapa tidak termasuk kedalam golongan tanaman yang tidak berkambium.

Akan tetapi jika tanaman berkambium maka tanaman akan terus menerus membesar dan tumbuh tiada henti sampai pohonya ditebang.

Akan tetapi jika tanaman tidak berkambium tanaman hanya tumbuh panjang saja dan jika sudah mencapai besar batang yang diinginkan maka dia akan berhenti tumbuh dan tidak akan membesar kembali.

Sekaian semoga bermanfaat buat adik adik sekalain. Selamat belajar yah...

Buat putriku cantikku latisha belajar yang rajin yahhh..semoga bisa tercapai cita2mu untuk menjadi dokter...dokter cantik..
Baca Juga : Cara mengatasi keong emas dengan sangat gampang