Skip to main content

kenapa indukan kelinci memakan anakannya?

Meskipun alasan pasti mengapa itu terjadi tidak diketahui, para peneliti telah memberikan beberapa alasan. Beberapa alasan umum yang sering diberikan antara lain untuk memenuhi kebutuhan energi setelah melahirkan karena pakan yang diberikan dikandang kurang memenuhi standart,  menyingkirkan anakan yang sakit. kelinci melakukannya kadang-kadang tetapi sangat jarang ditemua dalam beberapa kasus. Memang benar bahwa induk kelinci memakan bayinya, tetapi sekali lagi dalam kasus yang sangat jarang. Beberapa alasan yang memungkinkan mengapa kelinci dapat memakan anak-anak kelinci meliputi:

Kanibalisme dapat dipicu oleh beberapa kekurangan nutrisi dan kelinci betina hanya berusaha mendapatkan nutrisi penting yang dibutuhkan dan energinya, kurangnya makanan yang cukup dapat memicu perilaku ini karena kelinci tahu bayi kelinci mungkin tidak memiliki cukup makanan karena kelinci hampir tidak dapat memiliki cukup makanan sendiri.


gambar kenapa indukan kelinci memakan anakannya?

kadang kelinci bisa menunjukkan kecenderungan karnivora sebagai cara untuk menyembunyikan letak sarang jika kelinci tinggal di lingkungan yang memiliki pemangsa/atau didalam kandang yang dianggap sebagai predator. kelinci tidak ingin predator menemukan sarang kelinci karena akan mengurangi peluang kelinci untuk bertahan hidup dan kelinci perlu mendapatkan kembali energi kelinci daripada predator memakannya,, hahah bahsanya kok muter muter..intinya makan anakannya supaya bisa mendapatkan emergi untuk lari dan menghindar dari predator, meskipun didalam kandang, maka dari itu ancaman apapun didalam kandang yang dianggap kelinci sebagai predator harus dihilangkan. contoh seperti banyaknya kunjungan orang yang lalu lalang ke kandang.

Stres yang ekstrem dapat membuat kelinci membunuh, memakan, atau melukai anak-anaknya. kelinci tidak melakukannya karena kelinci lapar tetapi karena kelinci stres. Coba periksa faktor apa saja yang bisa membuat hewan peliharaan ini stres. Kandang sempit, misalnya, bisa menjadi faktor penekan.

kadang-kadang, kelinci dapat memakan anakannya yang rusak atau terluka atau cacat karena kelinci tahu peluang bertahan hidup anakan kelinci sangat kecil. kelinci juga memakan plasenta dan semua bahan lain yang keluar bersama saat melahirkan. kelinci juga akan menjilati anakan kelinci agar bersih. tujuannya untuk memberi kelinci nutrisi untuk merangsang laktasi dan menghilangkan bukti kelahiran yang berupa darah bayi kelinci yang berbau amis yang akan menarik predator maka dari itu kenap kelinci menyembunyikan anakannya didalam tanah karena tanah dengan segera bisa menetralisir bau amis dari darah bekas melahirkan anakan kelinci. beberapa alasan mengapa kelinci ibu memakan bayinya. Seperti yang dinyatakan lebih awal, alasan pastinya tidak diketahui. Namun, alasan di atas telah diketahui memicu perilaku abnormal ini yang sangat jarang.

Apakah kelinci memakan bayi kelinci jika tangan kalian menyentuhnya?
alasan mengapa perilaku abnormal ini terjadi. Kelinci tidak mungkin mengkanibalkan anak kelinci hanya karena kalian menyentuh kelinci. Namun, jika kelinci melihat kalian sebagai ancaman, maka itu bisa terjadi. maka dari itu sayangilah kelinci sehingga kita dianggap kelinci sebagai tuannya bukan sebagai predator

Karena itu, pastikan saat menangani sarang, induk kelinci tidak menjadi stres atau melihat kalian sebagai ancaman potensial. Jika tidak, ini dapat memicu perilaku kanibalisme.

sumber bacalebih.com
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar