Skip to main content

Aplikasi MOL untuk pembuatan kompos media beternak cacing dan menyuburkan lahan pertanian

Dengan kita memiliki banyak stok probiotik maka diusahakan kita memiliki budidaya cacing sendiri dan cacing jenis lumbricus nanti juga bisa kita gunakan untuk membuat mol cacing sebagai pakan burung atau umtuk dijual sebagai indukan.


Mol dari cacing sangat bagus sebagai penambah daya tahan lele terhadap berbagai serangan apapun.
Kembali lagi ke proses pembuatan media cacing. Gunakan saja kotoran sapi yang sudah lama jika memakai yang masih baru maka proses fermentasinya akan berjalan lambat karena banyak kandungangas amoniak yang harus dihilangkan oleh bakteri.

Bahan dan cara pengolahanya serta pengaplikasian untuk membuat media cacing sudah di jelaskan dipost sebelumnya silahkan scroll ke bawah ya.. tulisan disini hanya untuk memaparkan dari manfaat probiotik hasil tangkapan sendiri dari alam.

Ada baiknya lingkungan disekitaran kolam ikan lele ditanami  berbagai macam sayuran pilih sayiran yg tidak terlalu tinggi batangnya seperti sayur bayam..kangkung dll agar mudah saat melakukan penyiraman. Penyiraman bisa menhunakan air kolam yang kaya akan nutrisi guna menyuburkan tanaman.
Sebelum kita menanami akan lebih baik jika lahannya kita olah terlebih dahulu dipersiapkan dengan menambahkan pupuk hasil dari bekas cacing. Kangkung juga bisa kita gunakan sebagai bahan pakan ikan contoh seperti ikan gurame.

Nah penggunaan probiotiknya juga bisa kita pakan untuk menghilangkan bau kamar mandi dan wc atau sapitank agar tidak mudah penuh. Juga bisa kita aplikasikan untuk menghilangkan bau di selokan sekitaran rumah dan menghilangkan bau disekitaran kandang.