Widget HTML Atas

Cara menanam kacang tanah di lahan pesawahan pada musim kemarau

Pada musim kemarau biasanya para petani tidak lagi menanam tanam padi karen sulitnya mencari sumber air, mereka kebanyakan beralih ketanaman lainya seperti tamanan jagung, kemudian kedelai dan kacang tanah,

Tapi kebanyakan di desa saya di daerah Ponorogo banyak petani yang beralih ke bertanam kacang tanah, dan tidak semua lahan bekas sawah bisa di tanami kacang tanah hanya lahan gembur dan sedikit bercampur dengan pasir yang bisa kita tanami dengan kacang tanam, jikalau tanah yang di pakai terlalu liat maka kacang tanam akan sulit berkembang dan agak susah waktu pamanenannya.

  • youtube.com

Berikut langkah persiapan sebelum kita menanam bibit kacang tanah.

Yang perlu kita lakukan adalah membersihkan lahan persawahan dari bekas batang padi, bersihkan sampai bersih kemudian bisa kita bakar, lalu buat bedengan jangan terlalu dalam membuat bedengannya, yang penting bisa mengalirkan air ke seluruh lahan sawah yang akan ditanami kacang tanah.

Nah tinggal kita tanam pola penanamnnya kita mengunakan sebuah kayu yang di buat lancip ujungnya untuk membuat lubang yang nantinya akan diisi oleh bibit kacang tanah. atau biasanya disini disebut "ulur kacang".
nah siapkan benihnya oh iya benih sebelumnya harus sudah direndam dulu ya dan sudah ada mata tunas yang akan tumbuh,

Usahakan dalam tiap lubang ada 2 atau 3 buju kacang tanah, setelah selesai semua lahan ditanami bibit kacang tanah maka langkah selanjutnya adalah menutupi lubang dengan pasir atau dengan pupuk kompos kootaran sapi yang sudah kering.

Tinggal tunngu beberapa hari maka tunas2 kacang tanah akan bermunculan, tinggal kita melakukan pemupukan susulan dengan pupuk UREA sebanyak 80 kg /ha ditambah dengan TSP sebanyak 80 kg/ha dan KCL 50 kg/h. Lakukan pemupukan jika usia tanaman sudah sekitar 1 bulan.

Nah dari sekian bibit yang kita tanam pasti ada bibit yang tidak tumbuh atau ada yang lupa menaruh bibit dalam luabng dan terlewatkan maka tugas kita untuk melakukan penyulaman ulang pada hari 7 setelah terlihat tunas tunasnya mulai tumbuh nah lihat lubang mana kira2 yang tidak tumbuh tunasnya bisa kita sulami

Lakukan penyiangan rumput ketika tanaman kacang tanah sudah berumur sekitar 2 minggu agar gulam gulma yang ada disekitaran lahan tidak ikut tmbuh dan ridak akan terjadi perebutan nutrisi dengan rumput yanag tidak kita atanam.

Waktu panen kacang tanah berkisar 3 bulan lebih sedikit, cara pemanenannya mau tidak mau kita harus membasahi lahan yang sudah siap panen agar nantinya proses pemanenannya dengan cara di cabut terasa lebih mudah dan biji kacang tanah bisa terangkat semua. karena belum musim penghujan ya harus beli air dari sumur bor untuk mengairi lahan.

Baca Juga : Pasar untuk menjual jeruk nipis