Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Khasiat dan manfaat dari Ginseng Jawa

Sugeng enjing poro dulur, kali ini kita akan membahas tentang manfaat dari gingseng jawa atau sering disebut SOM, tanaman ini banyak sekali ditanam di sekitar pekarangan dan halaman belakang rumah, walaupu namanay gingseng jawa akan tetapi tanaman ini sangat berbeda sekali bentuknya dengan saudaranya ginseng dari korea.

gambar Khasiat dan manfaat dari Ginseng Jawa

Dan tanaman ini sangat mudah sekali di budidayakan karena tumbuhnya sanagt cepat sekali, tanaman ini bisa di perbanyak dengan menanam dari umbinya dan dari stek batang, tanaman ini begitu gambangnya tumbuh, saya punya pengalaman membabatnya samapai habis karena pada waktu itu ada acara hajatan dirumah, akan tetapi setelah itu bisa tumbuh tunas2 lagi dan tumbuh subur lagi.


Dalam beberapa bulan saja tanaman ini bisa tumbuh subur lagi seperti sediakala sebelum dibabat, dan banyak juga para tetangga yang meminta tanaman ginseng jawa ini loo karena banyak sekali manfaatnya bagi kehidupan manusia.

Semua bagian dari tanaman daun ginseng jawa ini bisa kita manfaatkan, daunnya akan bisa kita pakai sebagai campuran sayur lodeh, terkadang saya memasak mie goreng dengan ditambahkan daun tanaman ini, untuk umbinya berhasiat sebagai penambah keperkasaan kaum lelaki sperti khasiat saudaranya ginseng dari korea, ginseng jawa ini dikelompokkan sebagai tanaman yang berkasiat untuk menambah vitalitas tubuh.

kalian juga bisa mengunjungi channel youtube kami untuk mendapatkan informasi bermanfaat lainnya tentang pertanian organik

Alamat Channel youtube : https://www.youtube.com/channel/UCueFj7XcFDSJfBg8wnuyezQ/
Baca Juga : Proses penanaman durian montong agar cepat berbuah