Skip to main content

Menyulap sampah menjadi pupuk organik dengan drum komposter

Cara pengolahan sampah ini saya dapatkan dari rajanergesik pas waktu masih sering aktif di facebook. Entah sekarang beliau masih aktif atau tidak. Yang pasti ilmu tentang membuat drum komposternya sangat bermanfaat sekali.

Tinggal masukkan semua sampah dapur dan semua sampah organik kedalam droum tersebut sambil kita semprotkan bakteri pembusuk hasil ternak bakteri sendiri. Sampah apa saja yang bisa dibuat pupuk organik? Semua sampah kecuali sampah palstik ya..mulai sisa makanan dari dapur yangbtidak habis dimakan kemudian sampah dedaunan waktu nyapu di pagi hari. Apapun sampahnya selama itu organik masukkan  saja dalam drum.
tokopedia.com

Drum komposter dengan kapasitas 150 liter bisa penus sampai 3 bulan jadi selama 3 bulan kita akan memanen sampat organik pada untuk media tanam dalam polibag atau sebagai penyubur tanaman di halaman rumah. Nah kalo pupuk organik cairnya bisa kita panen satu minggu sekali. Pupuk cair ini terjadi karena pembusukan sampah yang diatas nah kemudian cairannya turun kebawah lewat kran yang bisa langsung kita aplikasikan ke tanaman.

Cara pengaplikasikannya adalah 10 cc pupuk organik cair ditambah dengan 5 liter air biasa dan siap disiramkan langsung ke pot atau ketanaman lainnya. Jika mau maka bisa dikemasi dan dijual untuk kalangan sediri sekitaran rumah. Pupuk organik cair ini juga bagus untuk tanamn padi. Nah dengan begini maka kita turun mengurangi sampah disekitar tempat tinggal kita. Kita juga turut serta dalam menjaga lingkungan.

Terima kasih saya ucapkan kepada rajanergesik yang sudah mau membagikan ilmu tentang pembuatan drumkomposternya.