Skip to main content

Panen mangga gadung di halaman rumah

Saya memiliki 2 pohon mangga yang ditanama sejak tahun 1980. Jadi umur pohon mangga ini sekarang sudah sekitar hampir 40 tahun. Musim seperti sekarang ini adalah waktu yang pas untuk mangga berbuah. Bulan oktober sampai november.




Pohon ini mangga gadung ini taknpernah dipupuk dan tak pernah disiram sama sekali karena batang pohonya yang besar mungkin akarnya sudah sampai mana2. Mengakar didalam tanah dan sudah bisa mencukupi kebutuhan nutrisi sendiri tanpa kita pupuk. Mangga ini selalu berbuah tiap tahunnya dalam waktu setahun bisa berbuah sampai 2 kali.

Sudah berkali2 di panen dan dikirim kesaudara yang ada di jakarta. Ya begitulah pohon mangga ini banyak sekalin kenangan dan memberikan banyak manfaat di kemudian hari bagi anak dan cucu2 kita. 

Pohon ini yang tanam adalah kaken dan nenek. Dan beliau sakarang ini sudah tidak ada. Akan tetapimpohon mangga yang beliau berdua tanam selalu berbuah dan memberikan manfaat bagi anak2 dan cucu2nya.

Jika posisi berbuah masih dalam cuaca kemarau hasil penenan akan terasa lebih manis dari musim hujan. Pun jika musim kemarau tidak akan banyak lalat buah yang menyerang buah mangga. Hama yang menyerang kemungkinan hanya kekelawar saja. Tapi jika sudah memasuki musim hujan maka banyak hama yang menyerang termasuk lalat buah yang membuat buah mangga jatuh berguguran sebelum kita panen.