Skip to main content

Tips ampuh membasmi ulat pada tanaman buah jambu air dengan bahan dapur

Halo semua ..ketemu lagi di blog saya bacalebih..baca sesuatu lebih mendalam.. haha taglinenya kok kelihatannya maksa sekali. Oke saya ada pengalaman membasmi ulat yang membandel yang sering menyerang daun dan pucuk bunga dari tanaman jambu madu deli. Sebel bangetkan tu ulat ngrusak dan makanin daun jambu2 sehingga pohon jambu kita kurang bisa tumbuh dengan baik dan tak enak dipandang mata. Akhirnya saya pangkas saja.

gambar Tips ampuh membasmi ulat pada tanaman buah jambu air dengan bahan dapur

Nah saya biasanya mengunakan pestisida jika membasmi ulat2 tersebut. Sekali semprot mereka langsung tewas. Tapi yang namanya pestisida pasti nantinya akan berdampak dan menjadi residu bagi buahnya yg nanti kita makan.

Akhirnya saya pakai sabun cuci piring. Awalnya tu buang sabun sisa cuci piring disekitaran pohon nah kebetulan disitu ada ulat bulu yg jatuh ketanah nah akhirnya saya ikut siram aja. Lha malah dalam beberpa menit dia tu ulat malah mati. Wah ampuh sekali sabun cuci piring bisa membunuh ulat bulu.

Langsung aja deh praktek dengan spray mini. Saya campurkan sedikit minyak goreng sama sabun cuci piring. Dan kocok sampai berwarna putih lalu bisa langsung ditambahkan air. Dan langsung bisa disemprotkan ketanaman. Oh iya kenapa harus pakai minyak goreng. Minyak ini saya gunakan untuk sebagai perekat saja agar kandungan pada sabun cuci piring bisa melekat ditubuh ulat lebih lama dan membasminya lewat perantara pori2 kulit si ulat.

Oh iya untuk dosis sabun cuci piringnya jangan terlalu banyak. Soalnya akan berakitbat daun jambu yang masih muda atau tunasnya mengalami seperti terbakar. Jadi takarannya harus pas.

Oke selamat mencoba ya temen2 semoga bermanfaat. Ramuan ini bisa diaplikasikan ke tanaman lainya untuk membasmi semut di pohon jambu dan rambutan juga bisa. Kalo merasa mereka menganggu ya basmi saja. Tapi kalo semut sepertinya malah membantu kita memakan hama2 ulat yang ada di pohon jambu kita.

baca juga : Cara mengatur Ph utuk nutrisi tanaman hidroponik