Widget HTML Atas

cara mendeteksi kelinci yang sakit

Sebagai seorang peternak kelinci kita harus merangkap juga sebagai seorang dokter hewan.

bukan berarti kelinci itu mudah sakit tapi karena kita menjauhkan dari habitatnya di alam liar maka yang terjadi adalah kelinci gampang sekali terserang penyakit karena jauh dengan habitatnya di alam liar.


salah satu contohnya adalah kelinci di alam liar itu tidak pernah mencium yang namanya bau kotoran dan bau kencing sendiri akan tetapi ketika di dalam kandang kelinci selalu kita suguhi dengan bau kotoran nya sendiri dan bau urinenya sehingga membuat pernafasan terganggu lalu akhirnya kelinci menderita pilek.

contoh lainnya adalah kelinci di alam liar memiliki pijakan kaki yaitu di tanah atau padang rumput sedangkan di dalam kandang pijakannya adalah kawat atau bambu hal inilah yang menyebabkan kelinci menderita luka pada pergelangan telapak kakinya atau yang biasa disebut dengan Sorehock.

Dan masih banyak lagi contohnya.

hal pertama yang saya lakukan jika mendeteksi kelinci sakit adalah melihat kotoran atau fesesnya kelinci normal itu kotorannya tidak berbau dan bentuknya bulat bisa menggelinding di alas kandang, untuk warna nya tergantung apa yang dia makan biasanya warnanya agak gelap pekat dan agak sedikit coklat bentuknya agak lonjong itu merupakan contoh bentuk feses kelinci yang normal.

jika feses kelinci berbentuk kecil kemudian terdapat bulu seperti untaian rantai sudah dipastikan kelinci tersebut menderita sembelit karena kurangnya kadar serat pakan.

pencernaannya tidak nyaman karena kadar seratnya kurang sehingga dia memakan bulunya sendiri atau bulu kelinci lain untuk mendapatkan serat dan supaya pencernaannya kembali nyaman tapi yang terjadi adalah bulu kelinci yang dimakan tidak bisa dicerna oleh pencernaan kelinci dan akhirnya membentuk bola dan terjadilah sembelit pada pencernaan kelinci.

Ciri lain dari kelinci sakit adalah nafsu makan kelinci yang turun. nafsu makan yang turun itu wajar ketika kelinci dalam posisi hamil umur 30 hari ke bawah sekitar 27 sampai 30 hari, Kelinci akan mengalami nafsu makan yang turun sampai kondisi dia melahirkan dan setelah melahirkan nafsu makannya akan normal kembali kalau yang seperti ini tidak termasuk dalam kelinci yang sakit, kelinci tersebut dalam posisi stress karena dia akan melahirkan. 


di luar penjelasan di atas tadi jika kelinci kita beri makan dan dia tidak ada gerakan apapun tidak agresif seperti biasanya maka sudah dipastikan nafsu makan menurun dan itu merupakan salah satu ciri kelinci yang sakit.

ciri kelinci sakit yang berikutnya adalah kelinci di pojokan dia tidak bisa selonjoran ciri kelinci yang sakit adalah dia tidak bisa selonjoran. 


Baca Juga : Bolehkan Memelihara Kelinci Bersama Dengan Ayam