cara pengendalian gulma atau rumput yang mengganggu pada tanaman timun

jika kalian membudidayakan timun baik itu di lahan atau di pekarangan dengan tidak menggunakan pot langsung di lahan maka salah satu kendala dalam menanam timun adalah banyaknya gulma yang tumbuh, kalian bisa mengendalikan gulma yang tumbuh ini dengan memasang mulsa plastik hitam putih.

*sumber Bukalapak.com

tapi jika tidak menggunakan mulsa maka akan banyak sekali  tumbuhan seperti rumput yang berada di lahan dan tentu kita harus membersihkan nya supaya timun tumbuh dengan sangat bagus.

penyiangan gulma ini dapat dilakukan ketika umur timun sudah sekitar 14 hari setelah tanam, caranya adalah dengan membersihkan menggunakan sabit dan rumput bisa dicabut.

tujuan dari pengendalian hama tanaman gulma ini adalah supaya tanaman timun tidak bersaing dengan tanaman gulma dalam merebut nutrisi atau unsur hara yang ada di dalam tanah serta akar-akar baru pada tanaman timun ini bisa rata menyebar ke seluruh lahan.

jika tidak menggunakan alat maka kalian bisa menggunakan herbisida jika lahan timun yang kalian tanam itu luas, gunakan corong seperti kerucut agar cairan herbisida tidak terkena tanaman timun yang masih  berumur kecil.
LihatTutupKomentar