Widget HTML Atas

Cara memberi makan kucing dengan benar pemberian makan kucing yang sesuai spesies yang di pelihara

Di alam liar, kucing menghabiskan waktu 12-16 jam untuk mendapatkan dan mengonsumsi makanan. Waktu ini berkurang secara signifikan, terutama pada kucing dalam rumah yang kita pelihara, yang menyebabkan banyak perubahan yang tidak menguntungkan bagi kucing. Jadi semua orang harus memberi makan kucing mereka dengan benar!

 

Masalahnya - kebutuhan dasar kucing
Sekitar setengah dari semua kucing peliharaan mengalami kelebihan berat badan. Obesitas merupakan risiko kesehatan utama dan dikaitkan dengan berbagai penyakit, seperti diabetes mellitus, tumor. Pada akhirnya, kelebihan berat badan menyebabkan berkurangnya harapan hidup kucing itu sendiri sehingga umurnya pendek. 

Peningkatan berat badan tersebut membuat kucing jadi malas bergerak sehingga dia jadi susah berburu, menjelajah atau bermain. Ketidakmampuan untuk melakukan perilaku ini meningkatkan frustrasi dan sering kali menyebabkan depresi pada kucing yang obesitas.
Untuk mengetahui penyebabnya, kami ingin melihat perilaku makan kucing liar. Seperti kucing peliharaan kita, kucing liar adalah karnivora wajib, artinya kucing harus makan daging untuk bertahan hidup. Pola makan vegetarian pasti menyebabkan kematian kucing.

Sistem pencernaan, fisiologi dan jalur pengolahan biokimia disesuaikan dengan makanan yang mengandung daging. Kucing sangat bergantung pada protein sebagai pemasok energi, serta beberapa nutrisi yang hanya terdapat dalam daging.

Sebagai karnivora wajib, kemampuan kucing mencerna karbohidrat berkurang. Pada kucing liar, 52% energinya berasal dari protein, 46% dari lemak dan hanya 2% dari karbohidrat.

Kucing telah kehilangan kemampuannya untuk membentuk komponen protein tertentu (disebut asam amino) selama ribuan tahun. Asam amino esensial untuk kucing semuanya terkandung dalam daging, yaitu taurin, arginin, metionin, dan sistein.

Kucing membutuhkan vitamin niasin, vitamin D, dan vitamin A dalam makanannya. Fakta ini membuat mereka luar biasa karena makhluk hidup lain biasanya dapat menghasilkan vitamin ini sendiri.

 

 
Bagaimana kucing liar menjaga diri mereka sendiri?
Kucing adalah pemburu tunggal. Karena mereka berburu sendirian, mangsa mereka biasanya berukuran kecil. Hewan mangsa yang paling umum adalah mamalia kecil. Seekor tikus mengandung 30 kkal, jadi seekor kucing harus makan 10 tikus sehari untuk memenuhi kebutuhan kalorinya.

Tidak setiap perburuan berhasil, yang berarti energi dibakar yang nantinya harus diisi kembali dengan lebih banyak makanan. Kucing liar menghabiskan 12-16 (terkadang hingga 24) jam berburu.


Menjadi pemburu yang baik telah menjadi salah satu sifat seleksi terkuat selama ribuan tahun. Naluri begitu dalam pada kucing kita sehingga mereka berburu bahkan saat mereka tidak lapar. Perilaku ini berfungsi sebagai tindakan pencegahan jika upaya berburu di kemudian hari tidak berhasil.

Kucing yang lapar biasanya tidak berburu, resiko kekurangan energi selama berburu terlalu beresiko dan mengancam nyawanya.