Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apakah nasi baik untuk kucing?

Nasi tuh enak banget buat kita manusia, ya, Nak. 


Entah itu disajikan dengan kuah kari yang lezat atau buat nambah-nambahin isi perut, nasi emang jadi cara bagus buat nambahin porsi makanan kita, dan juga cukup baik buat kesehatan kita. Tapi, gimana dengan kucing-kucing kita, ya?
Banyak makanan hewan peliharaan komersial nambahin bahan-bahan seperti nasi, tapi apakah itu beneran baik buat kucing kita? Boleh ga sih kucing makan nasi? Apakah kucing boleh makan nasi putih atau merah? Lanjut baca buat dapetin jawabannya.

Apakah kucing bisa makan nasi? Bisa, Nah. Kucing bisa makan nasi dalam jumlah kecil. Nasi ga beracun, jadi ga akan bikin mereka sakit kalo dikasih sedikit di makanan mereka. Tapi jangan terlalu banyak, karena nasi bukan bagian esensial dari pakan mereka. Kalo kamu udah kasih makanan kucing yang lengkap dan seimbang, mereka ga akan dapet manfaat nutrisi tambahan dari makan nasi. Malah, terlalu banyak nasi bisa bikin mereka kurang makan makanan sehat yang mereka butuhkan!

Apakah nasi baik buat kucing? Kucing adalah karnivora obligat, artinya mereka seharusnya makan daging doang dan ga punya alat pencernaan yang bagus buat mencerna biji-bijian. Beda sama kita manusia, kucing ga butuh karbohidrat dalam diet mereka. Beberapa makanan kucing komersial memang mengandung biji-bijian seperti nasi, tapi hanya dalam jumlah kecil yang dipertimbangkan dengan baik buat menambah volume makanan.

Jadi, gimana dengan jenis nasi yang berbeda? Secara umum, nasi merah lebih baik nutrisinya daripada nasi putih karena kandungan seratnya lebih tinggi. Dokter hewan kadang merekomendasikan ini untuk kucing dengan diare atau sembelit. Tapi, daripada pake nasi merah sebagai obat rumahan buat masalah pencernaan kucingmu, lebih baik konsultasikan dulu sama dokter hewanmu buat langkah terbaik yang harus diambil. Kucing juga boleh makan nasi putih - meskipun ga terlalu bergizi, tapi kalo nasi cuma dikasih dalam jumlah kecil bersama makanan lain, ini ga terlalu masalah.

Penting juga buat diingat bahwa terlalu banyak karbohidrat dalam pakan bisa bikin kucing obesitas. Kucing yang kegemukan lebih mungkin terjangkit berbagai masalah kesehatan termasuk diabetes, suatu kondisi yang mungkin memerlukan suntikan insulin rutin. Jadi penting banget untuk hindari kasih terlalu banyak karbohidrat ke kucingmu - kita ga mau bikin mereka sakit karena terlalu sayang!

Cara kasih makan nasi ke kucingmu Karena nasi ga ngasih manfaat nutrisi buat kucing, kita saranin buat nggak kasih nasi ke kucing sama sekali, dan lebih baik pilih pakan berkualitas dan cemilan yang memang ditujukan untuk konsumsi kucing.

Kalo emang kamu mau kasih nasi ke kucingmu, kasih aja sedikit banget. Pastikan nasi itu udah matang sempurna tanpa bumbu-bumbu atau saus.

Jangan pernah kasih beras ke kucingmu, karena ini susah banget dicerna dan mungkin juga mengandung racun alami yang disebut lectin yang bisa bikin diare dan muntah kalo dikonsumsi dalam jumlah banyak. Kalo kamu lihat kucingmu kembung dan keliatan sakit lebih dari 24 jam setelah makan beras, pastiin buat bawa mereka ke dokter hewan secepatnya.

Sekarang kamu udah tau jawabannya buat pertanyaan 'bisa kucing makan nasi'!