Widget HTML Atas

makanan kelinci selain wortel

Bila anda pengin beternak kelinci, karena itu tetapkan tipe kelincinya  dulu. Kemudian, anda pun harus mengenali tipe makanan yang pas untuk kelinci itu dan langkah memberikan makan yang betul. Sebab, pemberian minum dan makan yang kurang pas bisa membuat kelinci perkembangannya terhalang dan depresi.

Pada umumnya, ternak kelinci terdiri dari 2 tipe yakni ternak kelinci kelinci hias dan pedaging. Langkah budidaya ke-2 kelinci ini hampir serupa, tetapi perawatan kelinci hias lebih intensif. Tipe makanan kelinci pedaging dan hias relatif sama.

Ciri-ciri makanan kelinci yang bagus ialah fresh, bersih dan memiliki kandungan gizi yang cukup. Pemberian pakan kelinci harus juga on time dan terencana. Ini sebab, rutinitas kelinci yang makannya sedikit tetapi sering.

Hingga, pemberian pakan dengan jumlah banyak cuman dikerjakan 1x yakni di sore hari. Persiapkan tempat spesial makanan kelinci agar termonitor kebersihannya dan makanannya tidak berantakan. Janganlah lupa siapkan air minum agar kelinci tidak keselek…he


Apa saja tipe kelinci yang anda piara, tentu anda pengin kelinci itu tumbuh sehat. Nah, oleh karena itu anda harus memerhatikan makanan kelinci yang diberikan. Seharusnya, anda memberi makanan kelinci yang memiliki nutrisi dan sehat. Oke, berikut tipe makanannya:

Kecuali wortel, kelinci suka juga makan rumput. Tipe rumput yang di gemari kelinci rupanya lumayan banyak seperti rumput gajah, rumput jampang, rumput ginting dan rumput cakar ayam.

Hay ialah makanan kelinci yang memiliki nutrisi tinggi. Hay dibuat dari jerami atau rumput yang sudah dikeringkan. Arah pengeringan pada hay agar kandung gizinya tidak seratnya bertambah dan turun. Rumput yang dibikin hay mempunyai daya taruh yang lebih lama.

Hijauan yang diartikan ialah dedaunan seperti daun lamtoro, daun ubi jalar, daun pepaya, daun kacang daun turi, dan tanah. Beberapa macam daun berkadar air yang tinggi, hingga harus dilayukan ditambah dulu. Mengapa? sebab kandungan air tinggi bisa membuat kelinci kecintaan mencret dan kembung.

Kelinci memerlukan pakan yang memiliki kandungan protein seperti kacang tanah, kedela, dan jagung. Beberapa bijian itu bisa kalian beri pada kelinci secara terjadwal.

Pelet atau pur bukan hanya untuk ayam dan ikan, pelet spesial kelinci juga baik untuk pakan kelinci. Pelet bisa tingkatkan berat tubuh kelinci, hingga kerap di pakai peternak kelinci pedaging.

Kandung kalori, serat, vitamin, dan mineral yang tinggi dalam ubi jalar benar-benar baik untuk kelinci. Disamping itu, ubi jalar dapat jadi obat untuk kelinci yang alami sembelit. Pemberian ubi jalar di sarankan 1x dalam seminggu.

Beberapa sayur bisa diberi selaku makanan terhebat kelinci. Bila harga mahal, karena itu anda bisa memberi sampah sayur tersisa dari mengolah misalnya kangkung, brokoli, dan selada. Kandung vitamin, mineral dan serat dalam ke-3 sayur ini benar-benar pas untuk perkembangan kelinci.

Mudah-mudahan berguna buat anda yang akan memiara kelinci.