Widget HTML Atas

menanam jeruk dekopon di pekarangan rumah


budidaya jeruk ini tidak demikian susah, hal yang paling peting dalam budidaya jeruk ini ialah penyeleksian bibit. bibit yang ditanamkan harus betul – betul bibit yang bisa dibuktikan bermutu baik dan unggul.

langkah budidaya tanaman jeruk dekopon 

pilih bibit jeruk dekopon yang bermutu


dalam budidaya tanaman hal yang pertama kita persiapkan ialah bibit tanamannya. jeruk dekopon umumnya ditumbuhkan hasil dari okulasi dan cangkok. jika pengin ringkas, bibit jeruk dekopon yang siap tanam dapat kita peroleh di toko bibit setempat. panduan untuk pilih bibit yakni yakinkan bibit memiliki sertifikat unggul, sehat bebas dari hama dan penyakit, berdaun hijau fresh tidak layu dan kuning, berbatang kuat tidak bercabang teduh dan kurus.

posisi penanaman

jeruk dekopon ini pas ditanamkan di wilayah daratan tinggi atau daratan rendah. untuk tempat penanaman tanaman jeruk dekopon sebaiknya bersih dari rumput-rumput yang tumbuh dilokasi akan tanam, mempunyai tanah yang subur banyak terkandung bahan organik, posisi yang tidak begitu sempit, dan posisi harus tersinari matahari secara penuh tidak ada yang menaunginya.

mengeruk lubang tanam

step seterusnya kita membuat lubang tanam pada tempat yang telah ditentukan. lubang tanam yang dibutuhkan memiliki ukuran 50x50x50cm. pengerjaan lubang tanam dapat memakai alat seperti cangkul untuk mempermudah dalam proses penggalian. disamping itu, persiapkan kombinasi tanah + kompos/pupuk kandang yang telah terfermentasi + sekam selaku medium penutup lubang tanam.

mendiamkan lubang tanam

usai membuat lubang tanam, diinginkan bibit janganlah lekas kita tanam. lubang tanam perlu didiamkan lebih dulu dan tersinari oleh cahaya matahari lebih kurang 2-3 harian. mendiamkan lubang tanam ini mempunyai tujuan untuk mematikan sumber hama dan penyakit yang ada dalam lubang tanam.

proses penanaman

jika lubang tanam sudah usai diistirahatkan, seterusnya langsung ke proses penanaman bibit jeruk dekopon. letakan pangkal bibit jeruk dekopon di dalam lubang tanam. jika jeruk dekopon didapatkan dari toko bibit umumnya bibit telah tertancap dalam medium polybag, sobek plastik polybagnya janganlah sampai mediumnya hancur sebab akan mengusik perubahan akarnya. status bibit harus tegak lempeng janganlah sampai miring.

tutup lubang tanam

status bibit jeruk dekopon yang telah ditempatkan pada lubang tanam selekasnya tutup dengan kombinasi tanah + kompos + sekam yang sudah dipersiapkan sebelumnya. gizi yang cukup membuat tanaman baru bisa menyesuaikan lebih cepat. penutupan lubang dikerjakan sampai betul-betul rata, padatkan sedikit supaya bibit tidak gampang ambruk.

lakukan penyiraman

lanjut pada penyiraman pertama bibit jeruk dekopon yang telah tertanam. penyiraman dikerjakan pada semua sisi tanaman dan medium tanamnya, sampai betul-betul menyerap tetapi janganlah sampai begitu becek. penyiraman dapat dengan kontribusi alat seperti embrat untuk hasil yang maksimal.

penempatan ajir

tanaman baru perlu kita perkuat dengan penempatan ajir. penempatan ajir akan menyokong tanaman jeruk dekopon bertambah lebih kokoh. bambu yang di iris jadi bagian-bagian dapat kita buat jadi ajir, sama ukuran kita samakan sama ukuran bibit jeruk dekoponnya.

pemupukan susulan

step yang terpenting ialah memberikan konsumsi gizi secara rutin. konsumsi gizi secara teratur dapat membuat tanaman tumbuh dengan melejit, sehat dan subur. disamping itu tanaman jeruk dekopon tidak rawan terserang penyakit. teman dekat dapat pilih formasi pemupukan ini bisa full organik atau gabungan kimia :

langkah gabungan kimia : 20 butir npk buah + 1 kg kompos/pupuk kandang + 1 sdt poc bmw
langkah organik : 1 sdm kocor bmw+ 1 sdt poc bmw
sesaklikasiannya teratur dikerjakan sekitar 1 bulan sekali.

menggairahkan tumbuhnya buah

kecuali kita memberi gizi dari akar, kita perlu memberi gizi langsung di atas sama dalam daun dan tangkai supaya tanaman lebih subur dan berkembang secara signifikan. gizi yang disemprot dapat percepat pembuahan lebih cepat. teman dekat dapat semprotkan hormon perangsang buah, tangkai dan daun untuk memberi gizi di atas seperti poc . poc bisa memicu pembuahan bisa lebih cepat, hasil buah lebih padat, lebih lebat dan manis. program poc yakni dengan disemprot pada semua tanaman dengan jumlah jumlah 2-3 tutup poc + 1 bak 15 liter air. penerapan cukup 1 bulan sekali.

perawatan

hal yang lain mendukung tanaman tumbuh maksimal ialah masih memiara tempat tanam supaya terus bersih tidak banyak dengan rumput pengganggu disekitaran tanam. selanjutnya janganlah lupa rajin menyirami 1-2 kali satu hari di dua minggu pertama. selebihnya cukup 1 barangkali tetapi sama keadaan kelembabannya, lakukan pemotongan pada ranting-ranting yang tidak perlu.