Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

cara fermentasi kangkung untuk pakan ayam

Salah satu pakan alternatif untuk pakan ayam adalah menggunakan sayuran kangkung
Nah supaya kecernaan ayam terhadap sayuran ini meningkat maka perlu adanya bantuan bakteri bakteri baik yaitu dengan cara fermentasi dengan menggunakan pakan fermentasi ini maka pakan bisa disimpan dalam waktu yang lama.



Nah apa sajakah yang dibutuhkan untuk membuat pakan ayam dari kangkung fermentasi ini, 

Yang perlu kita siapkan adalah kangkung yang sudah dicacah terlebih dahulu menjadi ukuran yang kecil2, saya lebih prefer untuk kangkungnya direbus terlebih dahulu agar teksturnya lebih lunak.

Nah tambahan untuk karbohidratnya temen teman bisa menambahkan nasi aking, lalu ditambah dengan bekatul

Saya biasanya hanya menggunakan 3 jenis bahan ini saja, tapi supaya lebih sempurna lagi temen2 bisa menambahkan bahan lainnya seperti jagung, ampas tahu, konsentrat ayam 511, kemudian tepung ikan, premix untuk unggas dan air serta tidak lupa bakteri starter untuk proses fermentasinya yang sudah di aktifkan dengan larutan air kelapa dan gula merah.

Jadi sebelum menggunakan bakteri di em4, bakteri botolan tersebut harus kita aktifkan dulu dengan larutan gula merah.

Langkah selanjutnya adalah mencampur semua bahan menjadi homogen, untuk takarannya bebas saja, saya lebih suka yang harganya murah saya lebihkan jumlahnya lebih banyak dari yang lain seperti ampas tahu dan kangkung, serat bekatulnya.

Setelah proses pencampuran sudah selesai kita masuk ke tahap selanjutnya yaitu prose penyimpanan di wadah drum agar proses fermentasi segera terjadi.

Wadah yang saya anjurkan adalah menggunakan drum plastik yang berwarna biru sekitar ukuran 150 liter untuk jumlah 100 ekor ayam yang kita ternak.




Nah setelah 3 hari baru bisa kita ambil untuk pakan ayam ditandai dengan bau yang khas seperti bau tape. Untuk permulaan memang ayam tidak terlalu suka karena belum terbiasa. 

Solusinya adalah dengan menambahkan bekatul atau polar yang belum difermentasi kita tambahkan ke pakan fermentasi, 

Tapi pengalaman saya ayam sangat suka pakan fermentasi, apalagi jika kondisinya sedang lapar.

Nah manfaat kita menggunakan pakan kangkung fermentasi adalah meningkatkan jumlah kecernaan sayuran kangkung tersebut jadi nutrisi dalam sayuran kangkung bisa diserap secara sempurna pada pencernaan ayam. 

Kemudian pakan fermentasi ini bisa kita simpan dalam waktu yang lama, asalkan setelah mengambil pakan dari drum, harus segera ditutup kembali agar tidak terkontaminasi udara dari luar.

Dengan menggunakan pakan fermentasi dari bahan sayuran kangkung ini ternak akan menjadi lebih sehat, lebih bernilai ekonomis,m sehingga keuntungan kita beternak ayam menjadi lebih banyak.