Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara menanam strawberry dataran rendah

Cara menanam strawberry

Ada banyak sekali varietas tanaman strawberry yang sangat berbeda tergantung jenis strawberry dan dan di mana tempat strawberry akan dibudidayakan atau mungkin beberapa jenis strawberry cocok dibudidayakan di beberapa wilayah daerah yang dingin dan ada beberapa varietas strawberry yang bisa bertahan atau bisa hidup dengan baik di dataran rendah yang agak sedikit panas.
Jenis strawberry yang cocok ditanam di daerah rendah
Untuk dirinya saya kurang tahu temen-temen saya yang kemarin hanya membeli di Tokopedia atau shopee yang ada keterangannya strawberry dataran rendah.

Kemudian saya order ke tokonya terlebih dahulu saya chat penjual tokoh, dan ternyata bisa hidup di dataran rendah kemudian saya langsung order dan 2 hari kemudian sampai di rumah .

Pemilihan media tanam untuk strawberry dataran rendah
Media yang kita gunakan untuk menanam strawberry jenis ini adalah jenis tanah yang kaya akan bahan organik seperti tanah yang sedikit berlempung dan ada pasirnya yang penting karena itu adalah gembur dan banyak sekali kandungan organik atau pupuk organik didalamnya.

Sangat disarankan untuk menghindari tanah atau media bekas untuk menanam tanaman seperti tomat, cabai, terong, kentang, karena dikawatirkan tanaman-tanaman tersebut meninggalkan jamur dalam tanah yang dapat menginfeksi strawberry setelah strawberry ditanam.
Waktu yang tepat untuk menanam bibit stroberi

Sangat disarankan untuk menanam bibit stroberi pada awal musim penghujan.

Jadi ketika musim penghujan kita tidak terlalu banyak untuk menyirami buah strawberry tetapi jika teman-teman mempunyai persediaan air yang banyak apakah teman-teman bisa bebas menanam strawberry tanpa tergantung pada cuaca.

Perawatan tanaman strawberry di dataran rendah
Masalah proses penanaman maka langkah selanjutnya adalah merawat buah strawberry langkah pertama yang harus dilakukan adalah menghilangkan bunga yang mulai muncul beberapa minggu setelah menanam bibit strawberry, pertumbuhan bunga bunga ini dapat mengurangi jumlah nutrisi yang digunakan tanaman untuk bertumbuh dengan baik yang artinya nutrisi yang digunakan untuk pertumbuhan akan hilang karena utusan tersebut diarahkan ke buah.
Dengan adanya kondisi ini maka buah strawberry akan didahulukan oleh tanaman sehingga tanaman stroberi akan terlihat lebih kerdil kata pendek dan tidak subur seperti pertumbuhannya sangat tidak bagus.

Jadi sebaiknya pada minggu-minggu pertama setelah penanaman teman-teman menghilangkan atau memotong bunga pada strawberry sampai benar-benar tanaman atau batang yang strawberry itu sudah bagus dan tinggi.

jangan lupa untuk membersihkan gulma-gulma yang ada di daerah sekitaran tanaman strawberry dan teman-teman harus berhati-hati jangan sampai saat proses pembersihan gulma tersebut melukai akar dari tanaman buah strawberry.

Penyemprotan strawberry dengan insektisida untuk mengurangi penyakit dan serangga

Untuk melindungi tanaman stroberi dari penyakit dan serangga yang mungkin akan memakan buah stroberi yang belum matang.

Penyiraman tanaman strawberry secara berkala dan teratur dan jangan lupa kita sambil memperhatikan ketika menyiram and agar selalu media itu tetap basah dalam jangka waktu tertentu dan harus hati-hati untuk menyiram strawberry dengan air karena jika media itu tergenang air atau artinya air tidak segera merembes ke bawah maka tentu air ini akan merusak akar tanaman pada strawberry.

Pemanenan buah strawberry dataran rendah

Banyak hal yang harus diikuti saat kita memanen buah strawberry setelah buahnya terlihat merah dan matang sebaiknya untuk memetik buah strawberry itu dilakukan pagi hari dan setelah dipetik buah harus segera ditempatkan langsung di lemari es pada suhu sekitar antara 2 derajat Celsius dan untuk jabatan pula tidak dicuci setelah itu mencuci buah itu disarankan hanya ketika akan memakannya saja jadi jangan sampai ketika masuk ke lemari pendingin buah dicuci terlebih dahulu karena itu akan mempercepat memberikan buah-buahan strawberry ini.

Jangka waktu tanaman stroberi dapat menghasilkan buah lagi secara terus-menerus itu sangat bervariasi tetapi yang paling banyak adalah buah strawberry itu berbuah 100 terus jika suhunya dingin menurut pengalaman saya.

Beberapa faktor yang mempengaruhi budidaya strawberry

Strawberry dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti suhu dan peningkatan curah hujan, tanaman stroberi juga banyak terdapat penyakit yang dapat mempengaruhi buah bunga dan bahkan daun jamur menjadi penyebab pertama buah dan bunga membusuk pada tahap awal penanaman. 

Sebenarnya masih banyak sekali hama pada tanaman strawberry ini tapi saya tidak akan menyenangkan di sini karena jika terlalu banyak menjelaskan tentang hama maka teman-teman akan melihatku untuk menanam tanaman stroberi ini.

Yang penting temen-temen mengerti bagaimana prosedur yang harus diikuti untuk mengurangi infeksi pada tanaman strawberry ini yaitu yang pertama pengeringan, dengan menjaga media itu agar tetap tidak lembab artinya tetap dalam keadaan basah tapi tidak lembab, buah strawberry harus mendapatkan paparan sinar matahari secara langsung kemudian pembelian varietas yang tahan dengan penyakit lalu tidak menanam strawberry dengan jarak yang berdekatan kemudian tanah harus dalam kualitas yang bagus lalu gulma harus dibersihkan dan penggunaan beberapa pestisida yang disarankan ketika strawberry sudah dalam kondisi terserang oleh hama.