Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pakan terbaik untuk ayam kampung

Pakan ayam

Biasanya orang-orang yang banyak memelihara ayam adalah untuk tujuan hiburan atau bisa jadi digunakan untuk tujuan bisnis untuk peternak mendapatkan uang atau untuk tujuan mendapatkan keuntungan dari produk produk ayam contohnya adalah misal telurnya atau kotorannya mungkin bisa jadi, dan seperti ini biasanya sering kita jumpai di rumah-rumah yang ada di pedesaan karena biasanya para ibu-ibu yang ada di pedesaan mereka biasa memelihara banyak hewan ternak seperti ayam, bebek, sapi, kambing dan banyak hewan lainnya yang dapat dimanfaatkan oleh mereka dan melalui artikel ini kami akan membahas salah satu ternak yang paling penting dan paling terkenal yang dapat dibudidayakan oleh masyarakat yang ada di pedesaan yaitu ayam.

Kenapa harus ayam karena ayam adalah salah satu hewan peliharaan yang tidak membahayakan siapapun yang ada di sekitarnya tetapi ayam sangat membutuhkan perawatan yang khusus agar dapat hidup lebih lama dan agar dapat mendapatkan manfaat atau keuntungan ketika kita memelihara ayam.

Beberapa jenis makanan ayam

Pakan ayam dibagi menjadi tiga jenis yaitu tumbuhan, bijian, serangga, cacing dan hewan kecil-kecil lainnya.

Makan ayam harus mengandung berbagai nutrisi yang komplit antara lain karbohidrat ,lemak, vitamin, mineral dan protein.

Karena yang membutuhkan protes prosentasi protein yang sangat tinggi berkisar antara 20% sampai 24% yang digunakan sebagai untuk pertumbuhan dan pembentukan organ-organ jaringan lainnya.
Kadar protein yang tinggi ini lambat-laun kita kurangi sampai ayam berusia 6 minggu karena jika kandungan protein terlalu tinggi pada usia tersebut maka hatinya akan rusak.

Pakan ayam dalam fase pertumbuhan untuk mendukung pertumbuhan ayam kita tidak boleh memasukkan vitamin dan mineral mineral yang berlebih ke dalam tubuh ayam hampir sama seperti pakan ayam di awal pakan pada fase ayam sedang bertumbuh itu memiliki kandungan protein berkisar antara 16% sampai 18%. Dan untuk kandungan kalsium hanya diberikan lebih sedikit kecuali untuk makan ayam ayam petelur.

Pakan terbaik untuk ayam

Pakan jadi atau pakan beli

Pakan ayam bisa saja kita beli yaitu pakan yang sudah jadi dari segala campuran berbagai pakan yang didalamnya terkandung komponen-komponen yang bermanfaat bagi ayam pakan yang dijual di pasaran jenisnya sangat bervariasi sekali, sesuai dengan umur ayam termasuk untuk pakan anak ayam ayam pedaging yang sudah dewasa atau pakan yang diberikan untuk ayam petelur.

Pakan dari sisa makanan rumah tangga

Bisa makan makanan dari rumah tangga seperti sayuran kemudian kentang atau nasi atau makanan makanan lainnya yang tidak habis dimakan bisa kita berikan kepada ayam dengan cara ditambahkan beberapa bekatul atau polar kemudian kita berikan kepada ayam, sebagai catatan jangan sampai kita memberikan makanan dalam keadaan basi jika posisi makanannya dalam keadaan sudah basi kita bisa melakukan perebusan terlebih dahulu agar bakteri bakteri yang ada pada makanan basi tersebut hilang terlebih dahulu sehingga aman untuk dimakan ayam. 

Apa saja yang dibutuhkan ayam untuk bisa hidup sehat

Hal-hal yang perlu diketahui untuk memelihara ayam adalah kandang yang layak yang bisa melindungi ayam dari hujan dan dingin serta panas matahari yang membawa kelembaban yang kemudian bisa membawa penyakit dan jamur,

Kandang harus memiliki ventilasi udara yang baik yang mana udara bisa bergerak yang membawa kelembaban di dalam kandang itu tidak ada,

Kandang juga harus bisa melindungi ayam dari predator,

Dan kita harus selalu menjaga kebersihan kandang secara berkala agar tidak menimbulkan penyakit pada ayam yang kita pelihara.