Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CARA AMPUH MENGOBATI KELINCI PILEK TANPA OBAT APAPUN

DENGAN CARA MENGEMBALIKAN KELINCI KE HABITNYA -Kalau kita ternak kelinci didalam kandang ya artinya kita akan memindahkan segala aspek kehidupannya  kedalam kandang, jadi apa apa yang tidak bisa ternak kelinci dapatkan tugas kita yang yang merekayasannya, 
contohnya kalo dialam liar, kelinci,bisa lari dan sembunyi dari predator dan ini tidak bisa dia dapatkan didalam kandang karena tidak bisa lari kemana mana, maka predatornyalah yang kita hilangkan segala yang berbentuk ganguan harus kita cegah .

Tapi jangan berkutet disitu saja  sesuatu yang dia tidak dapatkan dialam liar jangan kita suguhin sepanjang masa..
Tau maksud saya….

CARA AMPUH MENGOBATI KELINCI PILEK TANPA OBAT APAPUN
KELINCI PILEK
Dialam liarnya itu kelinci gak pernak ketemu dengan bau urine dan kotoran kelinci, tapi didalam kandang kita suguhin dia tiap hari. 

Dan apa yang akan terjadi jikalau seperti ini.Karena menghirup terus-terusan bau urine dan kotorannya akibatnya terjadi iritasi disaluran pernafasannya terjadi reaksi alergis akibatnya keluar sekresi akibat dari reaksi tadi, 

Baca Juga : Cara mengatasi bau kandang kelinci yang berbau pesing

hidungnya meler, kalo sudah begitu langsung diagnose ternak kelinci pilek/flu padahal dialam liar kelinci tidak pilek.
 Akhirnya langsung suntik antibiotic, padahal ini adalah diagnose yang salah.dan celakanya antibiotiknya tidak hanya bekerja disaluran pernafasan atas tapi juga sampai kesistem pencernaaannya, akibatnya bukan hanya bakteri jahatnya saja yang musnah tapi bakteri baiknya juga ikut bablas. 


Terjadi ketidakseimbangan kehidupan micriflora dalam usus ternak kelinci, bakteri baik yang  tadinya menstimulun beberapa vitamin jadi hilang, nafsu makan jadi hilang, dan akhirnya mati. 

Dan yang paling bikin sedih yang disalahkan pasti cuaca..padahal pengobatannya Cuma bau pesing atau bau kotorannya dihilangkan.

Baca Juga : Cara mengatasi induk kelinci yang tidak mau menyusui anaknya
Jika  temen2 tidak punya waktu untuk bersih2 kandang buat saja kandang dengan kotorang yang lansung jatuh ketanah. Jika ingi menampung urine..design kadang dari awal  agar urine tidak menggenang di penampung urine..dan design kandang  dengan penampung urine menghadap kedepan agar kita tidak kerepotan dalam bersih kandang.. 

jika ada ada yang  posisinya mepet dengan tembok ,geser kemudian beri jarak sekitar 20 cm antara kandang dengan dinding tembok, dangan  tujuan untuk memperlancar sirkulasi udara disekitar kandang..

untuk atap saung  yang paling bagus pakai genting biasa.. jika memakai asbes atau seng uap udara akan menumpuk diatas jenuh kemudian membuat saung lembab..jiak seperti ini maka perbanyak ventilasi udara / dimodel saung seperti dibalikambang solo, kandanga tetap bisa gelap dan sirkulasi udara tetep lancar..

Habit ternak kelinci ini sebernya sangat sepele tetapi menjadi kunci. Karena dalam memperlakukan ternak kelinci baik itu pembuatan kandang pakan bahkan sampai cara mengankutpun kita harus menyesuaikan dengan habit ternak kelinci.


Baca Juga : Cara supaya produksi susu indukan kelinci melimpah