Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CARA MENGOBATI KELINCI YANG TERSERANG KELUMPUHAN SERTA PENGOBATANNYA

BANYAK SEKALI FAKTOR YANG MENYEBABKAN KAKI KELINCI LUMPUH-Kali ini kami akan memposting masalah lumpuh pada ternak kelinci. Topic ini sangat menarik setelah ada yang memposting digroup bahwa ternak kelinci  yang tiba-tiba lumpuh.


Lumpuh adalah salah satu penyakit yang bisa terjadi pada ternak kelinci. Terjadinya lumpuh dapat terjadi secara tiba-tiba. Pagi kelinci nampak sehat siangnya  ternak kelinci sudah lumpuh mendadak.


Biasanya lumpuh terjadi pada ternak kelinci yang baru melahirkan, atau sedang laktasi/menyusui, juga menyerang pada ternak kelinci remaja.

Penyakit ini disebut milk fever , milk fever adalah kondisi dimana darah kekurangan kalsium. 

Waktu proses kelahiran, kalsium dibutuhkan terlalu banyak oleh air susu, khususnya dalam kolostrum.  

Kebutuhan ini dapat dicukupi dari pellet kelinci, tapi jika kualitas peletnya buruk (penyerapan kalsium akan tergangu,maka kebutuhan kalsium akan mengambil dari  darah dan tulang dalam tubuh induk kelinci 

Tulang kekurangan kalsium dan akhirnya terjadilah kelumpuhan pada ternak kelinci.



Penyebab milk fever adalah kekurangan Ca(kalsium) yang akut. Hal ini akan menimbulkan gangguan metabolisme mineral, yakni metabolisme Ca yang bisa berakibat kepada seluru.tubuh.

Penyebab terjadinya milk fever antara lain :

  1. ternak kelinci tersebut kurang minum
  2. Adanya anti nutrisi pada pakan
  3. Kekurangan vitamin D
  4. Kekurangan lemak pada pakan/pellet kelinci
  5. Kekurangan vitamin C
  6. Keseimbangan antara kalsium dan pospor
  7. Nafsu makan ternak kelinci turun.
Kami jelaskan satu-persatu.

Kelinci yang kurang minum. harus diperhatikan bagaimana  calsium itu diabsorpsi/diserap. Absorpsi calsium itu terjadi dibagian usus halus dan banyak faktor yangg mempengaruhi absorpsi ini. 

Yang utama adalah calsium harus dalam bentuk larut air. Oleh sebab itu ketersediaan air minum sangatlah berpengaruh. Maka dari itu pemberian air minum dikandang sangatlah penting.

Adanya anti nutrisi pada pakan. Calcium didalam usus  tidak boleh dalam keadaan mengendap karena unsur makanan lain seperti oksalat. Oksalat banyak terdapat dalam bayam, kangkung rumput setaria, daun katuk yg semua akan membuat gumpalan Calsium Oksalat yg tidak mudah diserap usus.

penyerapan kalsiumpun tergangu.dan akhirnya kebutuhan kalsium akan diambil dari tulang. Tulang akan kekurangan kalsium dan terjadilah kelumpuhan mendadak
Kekurangan vitamin D. Faktor lain yg tidak kalah pentingnya dalam proses penyerapan Calsium adalah adanya Vit D. 

Vitamin D dalam bentuk aktif 1,25 (OH)2D3 akan berfungsi merangsang dan meningkatkan absorpsi calsium pada mukosa usus yaitu dengan cara merangsang produksi protein pengikat kalsium. 

Vitamin D ini bisa didapatkan dengan cara memberi asupan dalam pakan (premix>>kami ada stok jika berminat silahkan inbox/ dipakan ternak juga banyak hehe prmosi lagi ) atau kalau tidak  harus mendapat cukup sinar matahari, 

dimana vit D3 akan dibentuk didalam kulit.jadi antara pukul 8-10 pagi sinar matahari harus masuk kedalam kandang.


Baca Juga : Cara mengobati kelinci kelinci pilek tanpa obat
Kekurangan lemak pada pakan/pellet ternak kelinci. Supaya vit D diatas bisa berfungsi dengan baik, dia butuh lemak sebagai alat angkutnya, karena vit D ini hanya larut didalam lemak. 

Oleh sebab itu kandungan lemak dalam pakan sangatlah berpengaruh..jadi jikalau membuat pellet jangan asal bahan diaduk-aduk trs langsung dijadikan pellet.harus dihitung semua..

semua ada formulasinya..dan ilmu formulasi ini ada di KOPDAR MERCY (mangkanya kalo pas jadwal KOPDAR  pada datang dooooooong!!!!)


Vitamin C. Vitamin ini untuk mempertahankan ion kalsium terlarut. Membantu dalam penyerapan kalsium

Keseimbangan antara kalsium dan pospor.Perbandingan kalsium  dengan pospor  kurang lebih 2 : 1. Perbandingan ini tidak boleh lebih atau kurang. 

Apabila Calsium lebih dan pospornya kurang maka calsium akan dibuang kembali lewat ginjal, dan ini yg bisa menyebabkan gangguan pada fungsi ginjal. 

Apabial calsium kurang dan pospornya berlebih, maka untuk mencapai keseimbangan tersebut maka calsium akan diambil dari tulang. 

Dan kondisi ini tidak boleh berlangsung terus menerus karena justru akan menggerogoti masa tulang.Alih2 mau membuat tulang kuat malah jadi keropos. Lalu lumpuh.


Nafsu makan ternak kelinci turun. Pada ternak kelinci yang mengalami penurunan nafsu makan maka jumlah kalsium yang diserap juga berkurang. Penurunan nafsu makan ini banyak sebab akan dibahas dilain waktu.