KELINCI DENGAN GENETIK KAKI MELEBAR/ KAKI KURA- KURA

KELINCI DENGAN GENETIK KAKI MELEBAR/ KAKI KURA- KURA



KELINCI KAKI KURA- KURA

Mantaf  bener judulnya pakai kata-kata genetic udak kayak peneliti aja. Apa bener kelinci yang seperti itu karaena kelainan genetic. Ane gak punya fotonya, dilu pernah ngalami tapi udah terlanjur mati dan belum sempat difoto.

Dari kecil udah kaki kura2, makannya  kelinci itu normal, sehat kayak ternak kelinci umumnya. Pengobatan untuk kasus ini belum ada. Ya Cuma bisa disembelih.


Kembali ke laptop… apa betul ternak kelinci dengankaki melebar terjadi karena genetic. Kaki melebar itu akabat dari kandang yang licin dan kurangnya asupan kalsium pada masa pertumbuhan.

Jadi sebaiknya lanyai kandang yang pakai alas bambulebar bilah bamboo max hanya 2 cm saja, dengan demikian kaki ternak kelinci yang menapak pada bilah bamboo bisa rata dan bisa mendapatkan celah yang lebih banyak sebahgai penahan.

Kalau bilah terlalau lebar, maka kaki ternak kelinci akan menapak pada punggung bilah bamboo karena bilah bamboo lebih membulat. Bilah bambau yang seperti inipun jika dipaku sesah karena sering pecah, bahkan bilah bamboo yang  terlalu bulat dan tidak rata bisa menimbulkan sorehock pada kakai ternaka kelinci kita.

bilah bambu yang menghadap kedepan
Arah bilah bambau juga bisa mempengaruhi kemungkinan kelinci terpeleset. Jadi arah bilah bamboo sebaiknya mengarah kedepan sehingga pada waktu kelinci melompat kaki akan tertahan oleh celah bamboo dan tidak terpeleset kearah samping yang bisa mengakibatakankeluarnya bonggol dari tempurungnya.
 Kemudian penyerapan kalsium >>> pada tahap pembentukan, janin dibentuk matriks sebagai cikal bakal tulang tumbuh. Bentuknya sama dengan tulang tapi masih lunak dan lentur, karena sepertiga tulang ini terdiri dariserabut yang terbuat dari protein kolagen dan diselubungi oleh gelatin. Keadan ini berlangsung sampai beberapa hari setelah ternak kelinci  dilahirkan.

Gak percaya…ya pegang aja…lunak apa keras…pikiranmu ojo ngeres mbloo….cindil kelinci maksudnya…….!!!

Kemudian secara berangsur-angsur matrik tulang akan menguat  melalui proses kalsifikasi yaitu terbentuknya Kristal mineral yang terdiri dari kalsium fosfat dan akalsium hidroksida yang dinamakan hidroksiapatit rumus kimianya [(3Ca3(PO4)2.Ca(OH)2]. Pada fase inilah jika asupan kalsium dan fosfor kurang  atau tergangu maka proses pengerasan tulanag akan lebih lama.
Lagi-lagi ke ilmu nutrisi..memang ini bagian yang paling sulit..kira dulu butuh waktu 4 tahun untuk bisa memahami tenta nutrisi kelinci..mka dari itu formulasi pellet kelinci itu gak boleh ngawur..sak penek’e udel…..


Lha tadi tulangnya masih lunak karena asupan kalsiumnya kurang…eh kelincinya malah udah belajar jalan dan lompat-lompat. Trus lantai kandangnyalicin pisan,trus bilah bambunya dipasang menyamping. Kelinci akan berdiri dengan kondisi yang kurang sempurna, yaa… akibatnya tadi pas tulang masih lunak dan mau terbentuk menjadi keras, posisi tulang sudah tidak sempurnakarena lantai licin tadi.


Dulu ada peternak yang bilah bamboo pada alas kandangnya dipasang menyamping bukan mengarah kedepan.. eh dikasih tahu malah ngomel2…

Kalo kasih taunya lewat blog.. mau ngomel2 lagi kan terserah dia..suka2 dia…awas darah tinggi jangan suka ngomel2….


BACA JUGA : JAM BERAPA SEBAIKNYA UNTUK MENGAWINKAN KELINCI







FazairaBlog

Baca juga:

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar