Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PENGERTIAN TENTANG BAHAN KERING BK BAHAN BAKU PELET KELINCI

BAHAN KERING (BK)

Pasti sudah ada yang sering ketemu tulisan bahan kering ini di tabel2 nutrisi bahan baku ternak kelinci.
Apasih bahan kering itu?
kalau disebut bahan kering 90,55 % ya artinya 9,45 % nya air. Jadi kalau kita punya bungkil kopra seberat 100 kg.... maka kopranya seberat 90,55 kg.... 9,45 kg atau liter nya air.
untuk menghitung kadar air ya harus melalui proses fisika....
Baca Juga : Jenis Kelinci Yang Pertumbuhannya Cepat Besar



misalnya begini... kita mau tau berapa sih kadar air dari ampas tahu yg kita beli dari pabrik tahu ??? ya kita ambil saja satu ember ampas tahu basah lalu kita timbang misalnya ada 20 kg. Kemudian kita press sampai airnya ngga keluar lagi.... lalu kita timbang lagi ... misalnya tinggal 7 kg... Maka akan didapat .... ampas tahu (setelah dipress) seberat 7 kg = 7/20 x 100 % = 35 %.... Jadi dari contoh tadi... sekali lagi ini contoh.... bisa disimpulkan ampas tahu yg kita beli dari pabrik tahu tadi hanya mengandung ampas tahu sebanyak 35 % ... dan sisanya (65%) adalah air.

Baca Juga : Ciri-Ciri Kelinci Stres
Nah kemudian dari ampas tahu yg sudah kita press tadi tentunya masih mengandung air... walaupun ketika dipress sudah ngga keluar airnya lagi.... tapi pasti masih mengadung air. Nah berapa kadar airnya ????? Prosesnya sama .....yang paling penting diperhatikan ... dalam proses awal sampai akhir bahan ngga ngga boleh tercecer... jadi dalam penimbangan tidak boleh terjadi... berkurangnya penimbangan tidak hanya akibat berkurangnya zat cair tapi ketambahan hilangnya bahan... itu tidak boleh terjadi... karena perhitungan menjadi tidak akurat...

yang namanya bahan kering itu pasti masih masih mengandung air sekitar 9 sampai 11 %... itu normal. Itu yg disebut dengan istilah bahan kering. Tetapi kalau penyimpanan bahan itu ditempat yg lembab maka kandungan air bisa meningkat dan inilah yg menjadi penyebab bahan tadi jadi mudah berjamur.
Baca Juga : Bolehkah Kelinci Makan Bunga