Skip to main content

15 JENIS KELINCI DAN HARGA KELINCI PELIHARAAN YANG ADA DI INDONESIA



15 jenis kelinci dan harga kelinci peliharaan yang ada di indonesia


kelinci adalah mamalia berkaki empat memiliki bulu dan perilaku yang sangat lucu.Kelinci memiliki banyak jenis. Kebanyakan kelinci saat ini digunakan sebagai hewan peliharaan dan hewan untuk pedaging atau diambil dagingnya untuk memenuhi kebutuhan protein mausia. kelinci yang digunakan untuk konsumsi yaitu  kelinci yang mempunyai ukuran badan besar.akan tetapi, kelinci yang  dipakai untuk hewan peliharaan berukuran kecil dan lucu.

Jenis-jenis  kelinci yang biasanya dipelihara untuk dikonsumsi atau hewan peliharaan dan kesayangan , memiliki harga yang bermacam2 dan bervariasi. Untuk mengetahui jenis dan harga kelinci. Berikut adalah beberapa jenis, bersama dengan harga kelinci di Indonesia. 


Kelinci Anggora




Anggora  adalah salah satu jenis kelinci berasal dari Ankara, Turki. Kelinci dapat menjadi terkenal di seluruh dunia berkat para pelaut English. Pelaut English menemukan kelinci dan membawa ini ke English dan kemudian kelinci juga diperkenalkan di Perancis pada tahun 1723. angora diperkenalkan di Jerman sampai pada tahun 1920, kelinci angora mulai dikenal luas di seluruh  dunia, terutama di benua Eropa.

Angora memiliki banyak manfaat, khususnya, bulu. Di negara-negara Eropa seperti Perancis, bulu kelinci ini ke dimanfaat wol. Hal ini sangat berbeda di Indonesia. Di Indonesia, hanya sebagai kelinci angora yang dipelihara sebagai binatang peliharaan saja.

Kelinci ini memiliki banyak sekali jenisnya, antara lain: Jerman angora, Satin angora,Perancis angora, Cina angora, dan sebagainya. Untuk karakteristik, kelinci memiliki bulu yang tebal dan lembut, ujung telinga dan kaki depan ditutupi dengan bulu halus, dan bulu warna sangat bervariasi. Beberapa berwarna  putih, coklat, abu-abu, hitam, dan sebagainya. Harga dari Kelinci Anggora 1-3 bulan usia pada saat sekitar 50.000-250.000 rupiah. Namun di atas 3 bulan harga bisa berkisar  sekitar 250.000-3.000.000 rupiah.



Kelinci Lop




LOP adalah seekor kelinci yang memiliki keunikan pada telinga. Telinga kelinci umumnya tegak, sementara telinga kelinci tergantung dari dasar  kepala sampai pipi. Ini sangat mirip telinga anjing. Telinga kelinci akan terlihat menggantung di saat kelinci berada pada usia sekitar 2-4 bulan. Namun, kondisi ini juga tergantung pada jenis kelinci itu sendiri. Kelinci LOP memiliki banyak varietas. Jenis kelinci tersebut termasuk English lop, kurcaci lop, holland lop angora, lop Perancis, dan sebagainya. Di antara varietas kelinci, english lop veritas  kelinci  yang paling terkenal. Harga kelinci lop pada saat usia 1-3 bulan sekitar 50.000-300.000 rupiah. namun, pada 3bulan biaya sekitar 300.000-an  rupiah.



Flemish Giant 



Flemish Giant adalah seekor kelinci yang memiliki tubuh yang sangat besar.Kelinci ini disebut sebagai kelinci raksasa memiliki berat hingga 13 kg. Pada kenyataannya, jika kelinci ini  diberi makanan khusus, kelinci dapat mencapai berat 22, 23 kg. Kelinci dengan berat 22, 23 kg tidak pernah ada dan dimasukkan ke dalam GuinnessWorld Records.

Awalnya kelinci Flemish Giant dari Argentina. Abad ke-18, Ducth membawa kelinci keEropa untuk dibudidayakan. Tujuan dari budidaya Flemish Giant kelinci adalah untuk memenuhi permintaan daging kelinci. Karena permintaan daging kelinci mengalami peningkatan besar, maka negara-negara di dunia bersaing untuk budidaya jenis kelinci ini . Namun, di Indonesia, kelinci lebih tepat dijadikan hewan peliharaan saja. Karena permintaan untuk daging kelinci di Indonesia yang masih sangat rendah. Indonesia masih banyak masyarakat tidak tega untuk makan daging kelinci.

Flemish Giant  memiliki tubuh yang panjang bisa mencapai 51 cm, daging tebal dan bertulang panjang, kepala besar , kaki panjang, besar, dan kuat. Selain itu, kelinci Flemish Giant memiliki warna bulu hitam, biru, abu-abu, putih, dan sebagainya. Flemish Giant  dihargai pada saat usia 1-3 bulan sekitar 50.000-250.000 rupiah. namun, diatas 3 bulan biaya sekitar 250.000-3.000.000 rupiah



Kelinci Rex



Rex kelinci adalah jenis kelinci yang berasal dari Perancis. Kelinci jenis ini pertama kalinya  ditemukan  tahun 1919. Kelinci rex keturunan kelinci liar yang berada di Prancis. Kelinci ini menjadi populer saat ini termasuk dalam kegiatan kelinci di Perancis disebut Paris International kelinci Show pada tahun 1924. Sejak itu, kelinci unuk permintaan besar  diimpor ke Amerika Serikat pada skala besar.

Sama halnya dengan kelinci raksasa Flemish, kelinci dibudidayakan untuk mengambil dagingnya. Selain itu, bulu kelinci rex juga dapat digunakan untuk bahan baku pakaian jaket dan berbagai aksesoris. Karena memiliki bulu kelinci yang halus dan lembut.

Berdasarkan warna pada  bulunya, rex terbagi menjadi beberapa jenis dan varietas kelinci, termasuk rex dalmatian, rex putih, pappilon rex, rex biru-hitam, rex, dan sebagainya. Dari banyak jenis warna bulu, bulu kelinci yang dimiliki kelinci rex putih yang paling diminati. Kelinci rex dihargai pada saat usia 1-3 bulan sekitar 50.000-300.000 rupiah. 


kelinci ducth


Kelinci Ducth adalah salah satu jenis kelinci yang berasal dari belanda . Kelinci ini  juga dikenal sebagai kelinci Ducth yang memiliki bulu pendek dan bervariasi.warna bulu kelinci  Ducth: abu-abu, coklat, hitam dan putih, perpaduan antara warna tersebut. Kelinci termasuk kebanyakan populasi terletak di Indonesia, peternak atau para pecinta hewan peliharaan. Peternak memilih untuk mebudidayakan jenis kelinci ini karena mampu melahirkan di sekitar 7-8 ekor. Kelinci Ducth harga pada saat usia 1-3 bulan sekitar 50.000 sampai 200.000 rupiah. di atas 3 bulan biaya sekitar 200.000-2.000.000 rupiah.


Kelinci english Spot 


English Spot adalah salah satu jenis kelinci yang berasal dari English dan mulai dibudidayakan di abad ke-19. Kelinci ini juga dikenal sebagai  hasil dari silang antara English lop, perak, flemish, Ducth, angora,dan Himalaya.

Kelinci ini memiliki warna dasar putih, bulu yang dihiasi dengan warna coklat, hitam atau abu-abu. Kelinci ini memiliki tempat bergaris coklat, hitam atau abu-abu di punggungnya. Pada bagian perut, ada bintik-bintik coklat, hitam atau abu-abu. Bagian dari hidung, telinga dan mata juga dihiasi tempat itulah hitam, coklat atau abu-abu.  harga English Spot  pada saat usia 1-3 bulan sekitar 50.000-250.000 rupiah. di atas 3 bulan biaya sekitar 250.000-3.000.000 rupiah


Himalayan 

Kelinci ini adalah seekor kelinci yang memiliki warna basis Himalaya  putih dan dihiasi dengan warna lain di hidung, ekor, telinga, dan kaki. Selain itu, kelinci Himalaya ini memiliki mata berwara merah muda. Kelinci ini memiliki berat sekitar 2.5-4, 5 kg. Namun, hasil dari silang yang dilakukan oleh peternak, membuat  kelinci ini memiliki tubuh yang mini beratnya 1 kg. Kelinci ini akan sangat aktif di malam hari dan tidur siang hari. harga pada saat usia 1-3 bulan sekitar 50.000-150.000 rupiah. Sedangkan usia 3 bulan biaya sekitar 150.000-700.000 rupiah.



Kelinci Lion


Kelinci Lion adalah keturunan kelinci Anggora English. Namun, kelinci arguably sangat terdistorsi oleh iduknya. Kelinci ini memiliki ciri-cir berbeda dengan induknya. Masih sebagian diwarisi oleh kelinci lion, panjang bulu. Kelinci lion ini sangat mirip dengan singa leher dan wajah-nya ditutupi dengan bulu panjang. Harga kelinci lion pada saat usia 1-3 bulan sekitar 50.000 sampai 200.000 rupiah. Sedangkan di atas 3 bulan biaya sekitar 150.000-700.000 rupiah.


Havana 


Kelinci Havana adalah jenis kelinci pertama kali dikembangkan di belanda pada tahun 1898. Penyebaran kelinci  cukup cepat. Pada tahun 1908, Havana  mulai menyebar di Eropa, pada tahun 1916, kelinci mulai dipasarkan di Amerika Serikat,dan setelah itu, kelinci diperkenalkan di berbagai negara, termasuk Indonesia. Harga dari Kelinci ini  pada saat berusia 1-3 bulan sekitar 50.000-250.000 rupiah.sedangkan di atas 3 bulan biaya sekitar 250.000-sampai RP.1.000.000 rupiah.


Netherland Dwarf 


Kelinci Netherland Dwarf adalah kelinci yang pertama kali ditemukan pada tahun 1940. Selanjutnya  kelinci dikembangkan oleh j. Meijer dan c. d. Calcar dan disebarkan ke berbagai negara, termasuk Indonesia. Kelinci berukuran mini. Berat untuk kelinci  dwasa  di bawah 1 kg.

Kelinci ini memiliki tubuh yang bulat, leher sangat pendek dan nyaris tak terlihat, dan telinga kecil. Selain itu, ini kelinci memiliki banyak variasi warna. Karena kelinci ini  dikawin silangkan dengan Kelinci lain. Namun, warna yang banyak dicari oleh para pecinta hewan peliharaan adalah warna putih dengan mata merah. Harga dari Kelinci ini ni pada saat usia 1-3 bulan sekitar 50.000 sampai 200.000 rupiah. Diatas  3 bulan biaya sekitar 200.000-sampai RP.1.000.000 rupiah.


Kelinci New Zealand


Kelinci New Zealand
pertama populer di negara Selandia Baru. Jadi, ini kelinci bernama kelinci New Zealand. Kemudian, kelinci menyebar ke Amerika Serikat dan Australia serta keberbagai negara, termasuk Indonesia.

Kelinci New Zealand termasuk kelinci yang memiliki tubuh yang besar. kelinci dwasa berat lebih dari 5 kg, Kelinci ini memiliki cukup banyak variasi warna. Variasi warna digunakan sebagai nama. Misalnya  bernama Kelinci New Zealand
White , dan seterusnya. Harga dari Kelinci pada saat berusia 1-3 bulan sekitar 50.000-150.000dolar. diatas 3 bulan biaya sekitar 150.000-500.000 rupiah.

Kelinci Polandia

Kelinci Polandia adalah seekor kelinci yang memiliki ukuran badan kecil. Kelinci ini  memiliki bulu halus, telinga yang tegak.  memiliki kelinci keliripan dengan Kelinci Netherland Dwarf. Yang membedakannya dari Polandia dengan Kelinci Netherland Dwarf adalah ukuran tubuhnya. Harga dari Kelinciini  pada saat berusia 1-3 bulan sekitar 50.000-150.000 dolar.diatas 3 bulan biaya sekitar 150.000-700.000 rupiah.

Satin 

Satin adalah hasil dari mutasi kelinci Havana Brown. Kelinci ini memiliki 11 jenis warna, termasuk, coklat, biru, merah, dan sebagainya. Untuk memiliki bulu kelinci yang sehat, dan ideal tubuh, maka kita perlu untuk memberi pakan dengan kandungan protein tinggi, dan biji bunga matahari. Harga dari Kelinci pada saat usia 1-3 bulan sekitar 50.000 sampai 200.000 rupiah. Sedangkan di atas 3 bulan biaya sekitar 150.000-sampai RP.1.000.000 rupiah.

Kelinci Amerika Chinchilla 

American Chinchilla atau kelinci bernama Chinchilla memiliki ukuran tubuh yang berbeda. Kelinci apapun  memiliki ukuran tubuh kecil, besar, dan bahkan raksasa. Hal ini disebabkan oleh silang dengan Kelinci lain. Sebagai contoh,   kelinci Chinchilla raksasa adalah hasil dari silang antara  Chinchilla dengan Flemish Giant. Harga dari Kelinci pada saat berusia 1-3 bulan sekitar 50.000-150.000 rupiah . sedangkan di atas 3 bulan biaya sekitar 150.000-700.000 rupiah.

brown

brown adalah jenis kelinci yang pertama kali ditemukan oleh Culland Hall dekat Brailsford (Derbyshire) pada tahun 1880. kelinci liar pertama ditemukan sangat pemalu. Namun, setelah dikembangkan, kelinci memiliki tubuh yang gemuk dan yang sangat menarik. Warna sangat cantik, yaitu campuran putih hitam dan coklat atau biru dan kebiruan. Harga dari Kelinci ini  pada saat usia 1-3 bulan sekitar 50.000 sampai 200.000 rupiah. Sedangkan diatas 3 bulan biaya sekitar 200.000-sampai RP.1.000.000 rupiah.

BACA JUGA : CARA MERAWAT ANAKAN KELINCI YANG BARU SAJA LAHIR



sumber websitefazairablog1