Skip to main content

BERIKUT INI BEBERAPA PENYEBAB KENAPA KELINCI TIDAK MAU MAKAN


Pecinta kelinci baik yang sudah lama memeliharanya maupun pemula pernah mengalami kondisi seperti kelinci yang tidak mau makan


Saya coba membuat coretan disini, yang mudah-mudahan bisa membantu para pecinta kelinci. Coretan ini sepertinya perlu saya buat karena begitu seringnya saya mendapat pertanyaan dari temen-temen penghobby kelinci.

Kelinci yang biasanya ceria, makan banyak tetapi tiba-tiba mengalami penurunan nafsu makannya bahkan ada yang ekstrim dengan tidak menyentuh makan sama sekali. Penanganan yang harus dilakukan adalah dengan melihat apa penyebabnya terlebih dahulu.

Kondisi mogok makan kelinci bisa disebabkan faktor stress, faktor psikologis, bosan dengan menu yang ada atau ada gejala penyakit yang dideritanya.

Kita Coba urai sedikit


1. Faktor Stress, lho koq bisa. Kelinci adalah hewan yang gampang sekali stress yang diakibatkan oleh faktor eksternal (predator seperti kucing, anjing, bising seperti suara kucing yang berantem/kawin, suara gonggongan anjing , kondisi kandang).Stress juga bisa terjadi pada kelinci dalam perjalanan jauh. Sehingga jika kondisi stress yang cukup tinggi akan menyebabkan kelinci mogok makan.


2. Faktor psikologis, kelinci tidak mau makan biasanya pada saat kehamilan tua atau menjelang beranak. Beberapa kelinci dalam 2 atau 3 hari sebelum melahirkan akan tampak gelisah dan malas makan. Begitu juga ketika sehabis melahirkan biasanya pada 2 sampai 3 hari akan terjadi kondisi tidak mau makan.


3. Faktor penyakit, ada beberapa penyakit yang menyebabkan nafsu makan menurun seperti scabies yang sudah parah, furmate, cacingan. Kembung merupakan penyakit menakutkan bagi pemelihara kelinci karena dapat menyebabkan kematian, dan kondisi kembung ini biasanya terdeteksi dengan gejala kelinci tidak mau makan, posisi badan selalu membungkuk menahan perut sakit, perut membesar. Penyakit lain adalah diare/mencret, kalau kelinci sudah dalam kondisi diare akut makan terkadang hanya dalam hitungan jam saja kelinci sudah mati. Setelah pulih dari diare juga dapat mengakibatkan kelinci malas makan.




Nah..kira-kira gimana penanganannya jika 3 faktor tersebut sudah bisa kita pastikan ya...Ok tunggu ya nanti kita lanjutkan lagi.


1. Jika kelinci tidak mau makan karena stress sebenernya tidak terlalu bermasalah karena dalam beberapa hari dia akan pulih kembali. Namun perlu juga dibantu dengan meberinya minum madu, gula merah, atau bisa juga dicoba madu yang diminumkan langsung ke kelincinya. Khsusus stress yg disebabkan oleh gangguan eksternal, ya faktor gangguannya yang perlu diminimalkan.


2. Kondisi mau beranak atau pasca beranak, menyebabkan kelinci mogok makan. tetapi hal ini tidaklaha membahayakan, asal pakan rumput atau pakan yang disukai kelinci serta air minum tetap tersedia.


3. Jika faktor penyakit yang menjadi pemicu tidak mau makannya kelinci, maka perlu diobati penyakit tsb.


Nah..dari beberapa kriteria tsb kalau tidak ada tanda-tanda penyakit tetapi kelinci tidak mau makan biasanya saya antisipasi dengan pemberian obat anti kembung (bisa permethyl, enroten, atau obat manusia spt waisan, promaag,antangin cair) + madu. Anda juga bisa memberi Vitamin B12 (beli aja vit dari IPI yang murah), Untuk memancing nafsu makannya lagi bisa diakali dengan pemberian buah apel sebesar 1 sendok makan atau juice buah vita rasa aple, bisa juga diberi buah pisang masak. Biasanya langsung oke.Selamat mencoba.



sumber : kelinci-wongkito.blogspot.com

BACA JUGA : INILAH PENYEBAB FLU MUDAH MENYERANG PADA KELINCI


Sumber : jenis kelinci