Bolehkah Kelinci Makan Nasi

Bolehkah Kelinci Makan Nasi



Beras/nasi adalah biji padi yang merupakan benih dari spesies rumput Oryza sativa. Nasi adalah makanan pokok di lebih dari setengah populasi dunia, dan komoditas pertanian terbesar ketiga dalam produksi, setelah tebu dan jagung. Beras dan biji-bijian lainnya tidak baik untuk kelinci Anda. Lha kenapa??? lalu pertanyaanya yang sering ditanyakan adalah bolehkah kelinci makan nasi, jawabannya tidak boleh..masih ingat tentang prinsip beternak, makanan hewan ternak tidak boleh bersaing dengan makan manusia, jika manusia makan nasi kelinci makan limbah pertaniannya yaitu padi, jika manusia makan tahu makan kelincinya makan ampas tahu, dan jika manusia memakan makanan dari olahan gandum maka kelincinya makan limbah gandumnya yaitu polar.
Nah bagimana kalo nasinya sisa dari kemaren yang tidak habis dimakan, nah tentu ini baru boleh diberikan kepada kelinci, atau sisa bekas catering tentu ini juga bisa diberikan kepad kelinci kita, tapi dengan catatan selama nasi tersebut tidak basi. Dan masih banyak catatan lainnya.



gambar Bolehkah Kelinci Makan Nasi



nasi untuk pakan kelinci

Meskipun nasi tidak beracun bagi hewan peliharaan lainnya akan tetapi kelinci beda ya karena system pencernaanya memang beda, dan memang seharusnya tidak memberi nasi kepada kelinci. Nasi  dapat menyebabkan kembung dan sakit pencernaan pada kelinci. Dalam beberapa kasus, nasi dapat menyebabkan stasis gastro-intestinal, penyakit yang memperlambat atau benar-benar menghentikan kinerja usus, yang dapat berakibat fatal.
Kelinci memiliki sistem pencernaan khusus. Kemampuan mereka yang khas untuk memproses serat dan nutrisi membuat mereka dapat beradaptasi dengan berbagai lingkungan, tetapi sistem pencernaan mereka yang seperti itu maka kita harus ekstra hati-hati saat memberi mereka makan.
Lalu ada pertanyaan seperti ini kelinci saya makan nasi selama beberapa bulan sehat2 aja tu tidak ada kendala penyakit sama sekali, malah terlihat gemuk2 dan sehat. Ya memang karena kondisi pakan pada tiap kandang berbeda2, tidak sama kandang A dengan kandang B dan tentu berbeda dengan pola makannya.

Yang menjadi kunci dalam pemberian nasi kekelinci agar kelincinya tidak mengalami maslah kesehatan adalah pada pakan yang mengandung serat. Yang perlu diketahui adalah nasi sangat sedikit sekali kandungan seratnya, hal inilah yang akan menimbulkan masalah pada pencernaan kelinci, ingat kadar serat yang berubah2 dapat membuat kelinci mengalami berbagai masalah percernaan yang akan berakibat fatal pada kelinci kesayangan anda, jadi kuncinya jika kita ingin memberikan nasi kekelinci kita tentu harus diimbangi dengan kadar serat yang cukup saat pemberian nasi itu juga, jadi pemberiannya harus bebarengan dengan pemberian pakan nasi kekelinci, apa saja yang makanan kelinci yang mengandung serat, tentu yang paling mudah adalah rumput/ hijauan.


nasi basi tidak aman untuk kelinci

Dan masih banyak lagi sumber serat lainnya. Ingat kucinya adalah kadar seratnya tidak boleh berubah. Walau kelinci kita makan rumput yang banyak disore hari dan pada pagi harinya hanya kita berikan nasi, maka sama saja hal ini akan berakibat fatal pada pencernaan kelinci, karena adanya ketidak seimbangan serat pada pencernaan kelinci di waktu pagi dan sore hari.

baca juga budidaya lele dengan kolam tanah

sunber fazairablog



.

Baca juga:

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Note: Only a member of this blog may post a comment.