Skip to main content

CARA MENCEGAH AGAR JAMBU AIR TIDAK BUSUK DAN BERULAT

Sekarang kita akan membahas tentang bagaimana sih terjadinya buah jambu air yang busuk dan berulat, dan sudah pasti jika buah jambu yang kita petik didalamnya ternyata busuk dan juga terdapat ulat pastinya kita akan merasa jengkel karena jambu airnya tidak bisa kita makan dan nikmati. Pada saat budidaya jambu air ini yang pasti tentu akan mengalami banyak masalah. Salah satunya yang pasti yang sering dijumpai petai jambu ya jambu air sering busuk dan berulat ini. Yang pasti penyebab jambu ini adalah karena lalat buah menaruh telur2nya kedalam buah dengan cara menyuntikkan telurnya kedalam buah. 

Dan akhirnya telur ini akan menjadi larva dan kemudian menjadi ulat yang akan merusak isi buah jambu air sehingga menjadi busuk dan berulat, ulat ini sengaja memakan bagian dalam isi dari buah ini karena memang mereka mengambil nutrisinya setelah itu bermemorfosis lalu menjadi kepompong dan menjadi lalat buah muda lagi, kemudian setelah dewasa dan pada saat musim buah mereka berkembang biak lagi dan menaruh telurnya pada buah jambu air lagi, begitu siklus berkembangnya dan  seterusnya. 


gambar Cara Mencegah Agar Jambu Air Tidak Busuk Dan Berulat




Tidak hanya buah jambu air saja yang akan busuk dan berulat karena ulat lalat buah ini bisa hidup diberbagai macam jebis buah, mulai  dari jambu, mangga, dan lainya. Coba bayangkan ketika ketika melihat buah jambu yang sangat mulus kulit luarnya akan tetapi ketika kita gigit dalamnya busuk dan ada ulatnya, pasti kita akan merasa jijik dibuatnya, hal ini akan membuat kita jengkel dan juga kecewa, apalagi jika buah jambu air yang busuk dan berulat ini hasil dari kita beli dipingir jalan. Kecewa sudah tentu, kita merasa ditipu oleh penjual jambu air dipinggir jalan.



Nah sekarang bagaimana caranya agar buah jambu air kita yang ada di pohon terhindar dari lalt buah dan hama lainya yang merugikan, berikut ini kami jelaskan caranya supaya jambu air tidak busuk dan berulat lagi.

CARA MENGATASI ULAT PADA JAMBU AIR

Cara yang akan kita gunakan adalah dengan mengurangi populasi lalat buah ini supaya tidak merusak tanaman buah jambu air kita.

Cara yang pertama lingkunga tanaman jambu air kita harus bersih dari gulma2 yang menggangu sekitar tanaman jambu harus terlihat bersih dan terkena matahari, kemudian kita lakukan pembungkusan pada bunga yang sudah menjadi buah, ingat pembungkusan buah harus kita lakukan sejak buah masih kecil. Tujuan dari pembungkusan atau pembrongsongan ini yang pasti adalah mengindari lalat buah untuk meletakkkan larva-larva telurnya dalam buah jambu air kita. Dengan cara pembrongsongan ini saja buah jambu air kita delapan puluh persen akan aman dan  bisa dipanen kemudian biasa kita konsumsi tanpa takut terdapat ulat didalamnya.

OBAT UNTUK JAMBU MADU YANG BUSUK

kemudian selanjutnya kita bisa memakai pembasmi lalat buah yang biasanya banyaK sekali tersedia ditoko pertanian, baca aturan dosisnya dan kemudian kita semprotkan ketanaman jambu air kita.

Dan cara tambahan kita bisa membuat jebakan lalat buat menggunamakan feromon atau sejenis bau pemikat untuk menarik lalat buah jantan agar masuk kedalam jebakan yang akan kita buat. Dengan berkurangnya populasi lalat buah jantan, maka yang betina pastinya tidak akan bisa memproduksi larva2 telur yang akan disuntikkan kedalam buah jambu air kita. Biasanya feromon ini bisa dibeli dengan merk dagang petrogenol, silahkan dibeli ditoko pertanian terdekat di daerah anda, dan ingat pemasangan jebakan lalat buah ini harus jauh dari tanaman buah jambu air kita.


baca juga kandungan sawi pakcoy untuk kesehatan kulit


semoga informasi ini bermanfaat dan menambah wawasan anda semua.

Sumber : petani jambu sumatra selatan

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar