Skip to main content

Rahasia Menanam Cabe Agar Berbuah Lebat di Pot

Pada kesempatan yang berbahagia ini kita akan menanam cabai dengan mediasi pot dengan mudah. Sebenarnya menanam cabe itu sangat mudah dan tidak ribet. Untuk bahan-bahannya kita sediakan 2 buah cabe. Cabe yang dipilih harus sudah matang dan sudah tua. Sengaja saya pilih cabe yang layu karena ini mempermudah pertumbuhannya lebih cepat. Sediakan juga  pisau dapur atau pisau cutter atau aoa saja yang penting gunanya untuk membelah cabe tersebut.

baiklah langsung saja kita belah cabainya dan kemudian ambil biji2nya jangan lupa pilih cabe yang berukuran besar agar kita mendapatkan biji cabai yang banyak semakin banyak b;iji cabai yang akan kita semai maka potensi tumbuhnya akan semakin banyak., keluarkan bijinya dan kita pisahkan dari kulitnya, kita siapkan wadah dari apa saja untuk menjemur biji cabe tadi jangan terlalu lama kira2 cukup 6 jam saja dibawah sinar matahari agar biji cabai kering.

Rahasia Menanam Cabe Agar Berbuah Lebat di Pot

biji cabai yang sudah siap, bisa kita tanam pada media tanam dengan perban dingan kompos yang sudah matang, tanah dan juga sekam bakar dengan perbandingan 1:1:1 kita bisa menggunakan tray yntuk menyemai cabai ini, jika kesulitan mendapatkan tray untuk tanaman maka kita bisa mengunakan pot kecil biasa dari plastik polybag.

oke langsung kita tanam ya.. usahakan dalam stu lubang tray ada 1 sampai 2 biji cabai jangan mengisinya terlalu banyak, usahakan semua bijinya sudah direndah duli dalam larutan fungisida untuk menghindari timbulnya jamur, atau gak direndam juga gak papa, tapi biasanya jika kita membeli bibit dari toko sudah ada pewarna di bibinya, ini menandakan bijinya sudah terdapat larutan fungisida, baik setelah kita tanam semua di pot maka langkah selanjutnya siram keseluruhan sampai basah. tutup mengunakan karung gono yang dibasahi, atai jika tidak ada kita bisa menggunakan kain apaun yang kita basahi, untuk selanjutnua kita janya kan membasahi kain ini agar suasananya selalu lembab.

nah beberapa hari kemudian tunas2 baru akan muncul. segera buka penutupnya dan kita berikan sinar matahari, tapi harus diingat jangan terkena sinar matahari secara langsung sampai semua daunnya keluar,, jika sudah cukup besar maka akan bisa kita pindahkan ke media pot yang lebih besar atau kita bisa mengunakan wadah cat yang berukuran 25 kg, untuk medianya sama seperti saat kita menyemai bibit seperti diatas tadi.

air cucian beras bisa kita gunakan sebagai pupuk alami tanamn cabai ini,atau jika mau pupuk organik yang lebuh komplit lagi bisa baca artikel2 sebelumnya tentang pembuatan pupuk organik sendiri dari urine kelinci. atau kita juga bisa membuat pestisida untuk tanamn cabe ini dengan bahan2 dari dapur.

cukup mudahkan untuk menanam cabe kita manfaatkan pekarangan rumah kita ya..atau tanah tanah kosong kita manfaatkan untuk menanam cabe agar lebih bermanfaat.
terima kasih.


sumber blogfazaira