Skip to main content

Daun jambu air rontok kering

Daun jambu rontok-pernahkah kita melihat tanaman jambu air madu kita pada bagian daunnya rusak parah dan juga terkadang rontok berguguran ketanah? jika memang demikin maka kita harus segera mngatasinya secepat mungkin , kalo tidak segera kita atasi maka akibat terburuk akan terjadi pada tanaman jambu air kita, bisa saja jambua air dan pasti kita akan merasa rugi. nah berukut ini bagaimana caranya untuk mengatasi hama tanaman yang menyebabkan daun jambu madu bisa sampai rusak parah.

hama yang paling banyak menyerang bagian tanaman daun jambu adalah ulat daun, kutu daun dan juga walang sangit, belalang juga terkadang memakan daun jambu madu yang masih muda. dan berikut cara mengatasi daun jambu air yang rusak akibat serangan hama dan juga penyakit. yang pertama untuk ulat kita bisa pakai campuran minyak dan juga sabun cair untuk cuci piring, kenapa harus ditambah dengan minyak sayur. itu di karenakan ada beberapa jenis hama yang memiliki lapisan kulit yang kedap air seperti daun talas, nah oleh karena itu maka kita tambahkan sedikit minyak goreng agar cairan yang akan kita semprootkan masih menempel pada hama tersebut. dan yang perlu diingat jangan terlau banyak mengunakan cairan sabun pembersih cuci piring sunlight atau mama lemon, jika dosis yang kita pakai telalu banyak maka akan membakar daun jambu madu yang masih muda.

Daun jambu air rontok

untuk dosisnya secukupnya saja, bisa kita ulang selama 2 minggu sekali. bisa kita tambahkan bawang putih agar berkerja lebih efektif dalam membasmi hama tanaman. dan jangan lupa menyemprotkannya dari bawah daun dikarenakan hampir semua jenis jama tanamam selalu bersembunyi dibawah daun tanaman ketika siang hari, untuk waktu penyemprotannya bisa kita lakukan di pagi hari sekitar jam 8 sampai jam 9 pagi ketika matahari sudah agak tinggi diatas, dan pada waktu itu juga stomata daun sudah mulai terbuka, kita juga bisa menambahkan nutrisi untuk penyubut daun atau pupuk daun, blisanya saya menggunakan pupuk gandasil type B. untuk memperbaiki daun jambu yang telah rusak dimakan oleh hama dan agar segera tumbuh kembali daun2 yang baru lagi.. 

untuk daun jambu yang rontok bisanya dikebun kami itu karena kekeurangan nutrisi dan yang kedua karena keracunan unsur amoniak. terlalu banyak urea yang ditambahkan ke media tanam juka karena keracunan unsur N pada pupuk NPK yang mana pupuk Nitroget ini masih belum dalam bentuk nitrat yang siap diserat akar, sehingga akan menimbulkan daun jambu yang terbakar kemudian rontok, ini terjadi karena dosis pemupukan terlalu tinggi. oke sekian dulu tips dari kami.. semoga bermanfaat dan salam untuk para petani muda.

sumber fazairablog
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar