Skip to main content

Dosis penggunaan pestisida pada bibit tanaman cabai

Dosis penggunaan pestisida pada bibit tanaman cabai Ada pengalaman dari salah seorang petani cabai yang menyemprotkan pestisida ke bibit tanaman dan pada akhirnya tanaman tersebut malah mati karena rusak terbakar Mungkin karena dosisnya terlalu banyak maka dari itu pestisida pada masa usia pembibitan tidak mengacu pada dosis pada kemasan tapi mengaculah pada praktek yang dilakukan di lapangan.  dengan sendiri akan mengetahui Berapa jumlah dosis yang dibutuhkan untuk  cabe dalam masa pembibitan.

*sumber : tokopedia.com

Pada label kemasan dosis yang dicantumkan merupakan uji coba penyemprotan pada tanaman dewasa maka dari itu penyemprotan bibit tidak harus mengacu pada label yang ada di pestisida untuk dosisnya menggunakan dosis sesuai dengan label untuk tanaman yang masih kecil jadi tanaman seperti terbakar.

 Dosis yang tepat untuk pestisida pada masa pembibitan yaitu sebanyak sepertiga dari dosis yang dianjurkan pada label dan penyemprotan bisa dilakukan pada dua sampai tiga hari sebelum penanaman di lahan. Pada masa pemindahan bibit  akan mengalami stres dan tidak boleh dilakukan penyemprotan apabila terserang hama dan penyakit.

Pestisida yang sering saya gunakan adalah decis untuk membasmi serangan ulat yang biasa menyerang daun tanaman cabai, jika diperlukan maka bisa dilakukan penyemprotan dengan fungisida agar terhindar dari serangan jamur dan cendawan. Fungisida yang saya pakai biasanya antracol dan trivia

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar