Skip to main content

Kiat kiat menanam cabai di musim hujan

Salah satu keuntungan bertanam cabai di musim hujan adalah tidak banyak pesaingnya. Di karenakan sentra penanam cabai lokal sedang tidak menanam cabai karena banyak resiko menanam cabai dimusim hujan. Imbasnya adalah stok dipasaran akan berkurang sehingga harga cabai akan melambung tinggi.
Menanam cabai di musim hujan bisa dilakukan dimana saja termasuk daerah yang yang kesulitan air dan hanya mengandalkan tadah hujan saja. Akan tetepi harus mengetahui teknik bertanam yang benar supayabhasil lebih memuaskan.

Jika lokasi lahan yang di gunakan berupa terasering di daerah bukit dan pegunungan maka jangan lupa untuk menanam terlebih dahulu dari bawah. Tujuannya adalah jika tanaman tidak akan memperoleh serangan penyakit yang dibawa air tang bisa menulari tanaman yang ada di bawah.
Jika kita memulai menanam dari atas otomatis jika terkena serangan tanaman di bawah akan habis di sapu penyakit yang dibawa air dari atas..

Menanam cabai di musim hujan sangat beresiko terserang banyak hama penyakit. Penyakit penyakit tanaman cabai yang merusak diataranya adalah antraknosa..bercak daun..layu karena bakteri.. inilah penyakit yang mempuat petani cabai ketar ketir jika menanam cabai di musim hujan.
Dan kebutuhan akan pestisida dan fungisida akan melambung tinggi di bandingkan penanaman di misim kemarau. Belum lagi tambhan bakterisidak karena serangan bakyeri dimusim hujan begitu menganas.
Dan biasanya jumlahbtanaman yang mati di musim hujan lebih banyak dibandingkan jika bertanam di musim kemarau.

*sumber : pixabay.com

Kita juga harus mengerjakan tenaga kerja yang kurang optimal karena kendala cuaca yang terkadang hujan disepanjang hari.

Penyemprotan untuk hama dan oenyakit tidak akan maksimal jika setelah penyemprotan kangsung diguyur oleh air hujan.

Nah ini semua akan meningkatkan beban biaya kita jika bertanam cabai dimusim penghujan. Selisihnya bisa sampai 2 kali lebih besar dibandingkan bertanam di musim kemarau..

Bertanam cabai dimusim hujan seperti bermain judi hanya kegigihan..keuletan dan kesabaran serta keterampilan dalam pengolahan budidaya yang akan mengantarkan kita dalam keuntungan bertanam cabai di musim hujan....

Jika pakai greenhouse..mau hujan atau kemarau ini tidak akan jadi masalah..dan harga akan tetap untung..akan tetapi membuat green house juga tidak semudah ucapan saja. Butuh modal yang besar juga.