Skip to main content

Manfaat kunyit untuk mengukur ph tanah

Manfaat kunyit untuk mengukur ph tanah-Pada saat sekarang ini banyak cara yang dilakukan untuk mengukur tingkat keasaman tanah, salah satunya menggunakan alat bisa juga menggunakan lakmus atau PH meter. tapi ada cara tradisional yang bisa digunakan untuk mengukur pH tanah yaitu menggunakan kunyit. kunyit merupakan salah satu bahan dapur  yang banyak kita jumpai di dapur untuk bumbu berbagai masakan.

 berikut ini cara sederhana yang kita bisa digunakan untuk mengukur pH tanah menggunakan kunyit caranya adalah sebagai berikut

*sumber : pixabay.com

ambil beberapa potong ruas kunyit kemudian potong menjadi dua dan siapkan tanah yang ada sawah, pilih tanah sawah yang basah untuk mengukur pH,

Jika tanah yang kita pilih posisinya dalam keadaan kering maka terlebih dahulu tambahkan air sampai media seperti bubur, Kemudian masukkan potongan kunyit di tanah dan kita tunggu sampai setengah jam setelah itu dapat kita lihat warna pada bagian kunyit tersebut.

jika warna kunyit itu memudar maka bisa kita pastikan ph tanah dalam kondisi asam akan tetapi jika warnanya masih kuninh segar maka ph tanah dalam kondisi netral dan jika warna kunyit sepeeti agak kebiru biruan maka bisa kita pastikan konsi ph tanah adalah basa.

Menggunakan kunyit untuk mengukur ph tanah hasilnya tidak begitu akurat seperti kita menggunakan PH meter akan tetapi  sudah bisa dijadikan acuan untuk mengukur apa itu ber ph asam basa atau netral.

Nah demikian semoga bermanfaat untuk kita semua dalam mengukur PH tanah menggunakan kunyit.

baca juga penetapan waktu tanam cabai agar mendapatkan untung








Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar