Skip to main content

Tips dan trik dalam merawat jambu madu delli agar segera berbuah

Tips dan trik dalam merawat jambu madu delli agar segera berbuah. Jambu air madu berasal dari sumatra barat akan tetapi bibit jambu ini bisa di budidayakan di mana saja asalkan daerahnya subur dan banyak akan sumber air. Warga yogyakata sekitar gunung merapi banyak yang membudidayakannya ada juga di magelang. Rasa jambu ini yang manis seperti madu beda dengan jenis jambu air lainnya yang hanya hambar saja.

Jambu ini sangat mudah sekali di budidayakan hanya butuh ketelatenan saja dalam kita membudidayakannya. tidak hanya itu saja bibit yang unggul juga sangat penting. Pilihlah bibit jambu madu hijau dari indukan yang di cangkok.jangan pilih yang okulasi dari tempel atau sambung, karena nanti di khawatirkan rasa dan bentuk buah tidak akan sama dengan indukan aslinya.

Perwatan jambu air madu yang penting tercukupi untuk kebutuhan pupuk makro dan mikronya.saya biasa mengandalkan pupuk kandang dan pupuk npk mutiara. Untuk membuahkan saya tambahkan dosis pupuk tunggal P dan K agar tanaman jambu segera berbunga dan berbuah. Jika mengiginkan membuahkan jambu air madu dengan ramuan alami. Silahkan resep untuk membuahkan jambu air madu dengan bahan alami ada pada artikel sebelumnya. Dengan mengunakan ramuan alami tersebut jambu madu deli labgsung berbunga setelah 2 minggu penyemprotan. Setelah itu tinggal kita maintenance saja agar bunga jambu madu kita agar tidak mudah rontok.caranya kurangi pemupukan dengan yang mengandung N atau nitrogen.

Tips dan trik dalam merawat buah jambu air madu delli agar segera berbuah


Jika dalam satu tangkai terdapat banyak sekali calon buah maka tugas kita adalah menyortir atau seleksi dengan menyisakan 1 atau 2 buah dalam satu tangkai,kenapa harus demikian,supaya buah tetap terjaga kemanisannya. Pilih bakal buah yang mengantung ke bawah. Untuk yang mengarah mengantung ke atas kita sortir dan buang saja.

Langkah selanjutnya adalah proses pembungkusan buah jambu air madu agar terhindar dari serangan hama lalat buah. Dalam satu kantong plastik bisa kita gunakan untuk membungkus 1 atau 2 buah dakam satu tangkai. Jangan lupa untuk melubangi kantong plastik bagian bawah agar air yang menguap didalam plastik bisa keluar dan tidak merusak kualitas jambu airmadu kita. Dan ingat lubang jangan terlalu besar karena jika terlalu besar maka bisa menjadi jalan masuk lalat buah untuk menyerang buah jambu madu yang sudah di bungkus.

Setelah beberapa minggu setelah pembungkusan.jambu madu siap di penen. Bisa langsung kita kemas dan kita pasarkan. Jika pasar kita hanya di pinggir jalan maka kemasan plastik saja sudah cukup. Dengan harga jual 30ribu per kg. Jika mau yang lebih menarik lagi bisa kita kemas dengan mengunakan wadah streofoam dan kita beri label kemudian bisa kita pasarkan secara online via media sosial ke group2 jual beli yang ada didaerah tempat kita. Intinya memasarkan buah jambu madu ini tidaklah susah jika mereka sudah kepincut denagan rasa jambu madu yang manis. Maka para pelanggan akan repeat order lagi. Dan tentu order buah jambu kita akan makain terus bertambah. Satu pohon jambu saja tidak akan cukup untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Jambu madu deli sangat mudah sekali di buahkan.jambu ini tidak mengenal musim dan bisa terus berbuah sepanjang tahun. Apalagi jika kita menanamnya di dalam pot. Akan lebih mudah lagi untuk dibuahkan. Jika kita menanamnya didalam pot kita bisa mensetting sesuka hati kapan jambu madu ini bisa kita buahkan sesuai dengan keinginan kita.

Oh ya jambu madu ini sangat disukai oleh hama ulat. Terutama daun2 muda sangat rentang sekali diserang hama ulat. Jadi jangan lupa untuk menyemprot dengan pestisida 2 minggu sekali. Saya biasa mengunakan pestisida dengan merk dagang decis atau pestisida yang lainnya.

Jika tidak mau mengunakan pestisida kita bisa mengunakan kombinasi antara minyak goreng dengan sabun cuci piring. Budidaya jambu madu ini sangat menguntunglan sekali untuk di budidayakan. Toh misalnya kita tidak punya lahan untuk membudidayakannya maka berdayakan saja tetangga untuk menanam kita sediakan bibitnya kemudian kita berdayakan para tetangga untuk menanam buahnya dan nanti kita menjadi pengepul jika buahnya sudah waktu panen.

baca juga mengatasi seragan kutu kuning pada daun tanaman cabai

Dengan menanam 2 pohon per rumah maka jika satu kawasan ada 20 rumah maka sudah ada 40 pohon jambu madu delli yang siap berproduksi.tinggal kita sebagai pengepul kita kemas dan kita pasarkan.