Skip to main content

Mengatasi serangan kutu kuning pada daun cabai

Mungkin ketika kita kelahan cabai kadang kita menemukan kondisi daun cabai yang tidak normal seperti biasanya. Kemudian kita periksa di bawah daunnya ditemukan sejenis kutu berwarna kuning yg menghasilkan cendawan dan membuat daun menjadi kerdil..

Kutu ini bisa disebut dengan kutu persik. Kutu ini menghasilkan sekresi berupa cairan manis seperti gula yang mengundang datangnya semut ke tanaman cabai. Maka terkadang bisa kita jumpai banyak semut di belakang daun tanaman cabai. Terkadang daun yang diserang kutu ini akan menghitam dan daun akan sulit melakukan fotosintesis.
Kutu ini cepat sekali menyebar. Kutu ini sabgat cepat dalam berkembangbiak. Karena memang kutu ini mampu berkembangbiak tanpa melakukan perkawinan terlebih dahulu.

*sumber : bukalapak.com

Jika sudah banyak lahan cabai yang diserang maka solusi untuk pencegahannya adalah dengan memilih lahan yang jauh dari lahan cabai..melon..semangka dan kacang panjang. Jika menemukan serangan pada daun maka segera ambil dan bakar. Jika serangan kutu ini sudah melewati batas maka bisa kita lakukan pengendalian dengan penyempritan insektisida confidor  dan curacron dengan beselang seling. Dosis yang digunakan sesuai dengan yang ada pada kemasan masing masing.

*sumber: tokopedia.com