Skip to main content

Tips untuk memasarkan jambu madu deli hijau

Tips untuk memasarkan jambu madu deli hijau-Jambu MDH kepajangan dari madu deli hijau. asal jambu madu ini berasal dari stabat sumatra barat. Jambu ini dulu berasal dari taiwan di bawa oleh seorang ibu ke sumatra barat. Kemudian oleh seorang pengusaha dikembangkan di sebuah lahan yang luas dan di tembok tinggi agar entres atau batangnya tidak di curi orang lain. Karena buah jambu madu delli ini tidak bisa di kembangbiakkan dengan cara generatif.karena Buah jambu madu tidak mempunyai biji. Buah jambu madu banyak dikembang biakkan dengan cara di vegetatif,Cangkok dan juga stek. Oleh pengusaha tersebut hasil panen jambu madu langsung di export ke luar negeri.

Tips untuk memasarkan jambu madu deli hijau


Karyawannya pun ketika keluar area perkebunan semua diperiksa jangan sampai ada entres yang terbawa keluar kebun. Pemeriksaan ini berlangsung selama 6 tahun dan kemudian salah satu karyawannya bernama pak sunardi mengambil salah satu entres yang tidak sempat dibakar dan kemudian di budidayakan dirumah beliau lalu didaftarkanlah ke pemerintahan, dan akhirnya pak sunardi memegang sertifikan atas penemu jambu madu delli tersebut. Jambu madu MDH ini terus menerus berbuah dan tidak mengenal musim. Sangat cocok sekali untuk dikebunkan atau ditambulampot di depan rumah sebagai tambahan pemasukan dirumah.


Jambu madu delli memiliki rasa yang sangat manis renyah dan tahan hama lalat buah dari pada jambu air jenis lainnya. Harga bibit stek berkisar antara 35 ribu sampai 50 ribu, untuk yang berumur 8 bulan harga berkisar 400 ribu rupiah. Jambu madu ini jika ditanam ditanah maka vase vegetatifnya akan sanagt bagus sekali. Daunnya akan tumbuh lebat dan batangnya bisa membesar bahkan tingginya bisa mencapai 4 meter. Akan tetapi proses generatif atau pembungaanya akan sangat lama sekali. Bahkan di tempat kami umur 2 tahun baru akan berbuah dan rasa buahnya pun tidak semanis yang di tanam pada pot.


 Media tanam yang bagus untuk tanaman jambu madu ini adalah campuran antara tanah kemudian pupuk kandang dan sekam segar dengan perbandingan 2:1:1 .jika menggunakan tanah liat maka perbandingannya adalah 1:1:1. Agar saat kekeringan media tidak langsung pecah. Untuk pupuk kandang yang digunakan yang paling bagus adalah dengan mengunakan pupuk dari kotoran kambing dan kelinci dengan difermentasi terlebih dahulu agar matang dan siap digunakan sebagai pupuk kandang. Untuk cara fermentasi pupuk kandang bisa di lihat pada artikel sebelumnya.


 Kemudian untuk sekam gunakan yang masib segar saja. Kenapa tidak yang dibakar saja. Sekam yang masih belum dibakar memiliki kandungan vit b yang bagus untuk mengatasi stress pada akar tanaman jambu madu. Akan tetapi jika memakai sekam bakar maka kandungan vit b ini sudah tidak adalagi. Untuk harga jambu madi didaerah yogyakarta sekitar 30.000 di tingkat petani jika bisa langsung menjual ke kota maka harganya kisaran 50.000.


Pemupukan jambu madu delli bisa pakai vase vegetatif dan generatif. Untuk jambu madu yang baru pindah pot ataunke planterbag maka bisa kita kombinasikan antara pupuk kandang dan juga pupuk npk serta pupuk organik cair.supaya pertumbuhan batangnya besar agar nantinya bisa menopang buah jambu madu kalo sudah siap berbuah. Jika sudah berumur delapan bulan dan siap di buahkan maka pemupukan kita ganti dengan menambahkan pupuk kandang dan tambahan KNO3 atau KCL. Agar bunga yang di hasilkan tidak rontok di kemudian hari jangan lupa untuk mengurangi kandunhan pupuk nitrogen.


 Jika sudah berhasil panen maka langkah selanjutnya adalah kita harus maintenance pohon jambu tersebut agar tidak ngambek dan mau berbuah lagi. Bisa kita pupuk kandang dan Npk setelah 2 minggu kita tambahkan dosis puouk tunggal P dan juga K. Setelah seminggu baru kita pangkas batang2 pohonya agar proses bunganya segera muncul. Satu bulan setelah itu dijamin bunga akan muncul kembali..dan jambu madu delli siap berproduksi kembali..