Skip to main content

Berbagai penyebab ayam broiler lumpuh dan cara mengatasinya

Ayam broiler lumpuh dan cara mengatasinya-Pada peternakam ayam pemula kadang sering bingung jika ayam peliharaannya mengalami kelumpuhan, kelumpuhan ini terjadi ketika ayam pedaging yang di pelihara berumur kisaran antara 1 bulanan keatas dan parahnya lagi kelumpuhan ini bisa menyerang hampir 50% dari populasi ayam. banyak faktor yang mempengaruhi proses kelumpuhan ini salah satu diantaranya adalah karena faktor nutrisi pada pakan ayam. sebagi contoh saja, ayam selalu di genjot dengan protein tinggi agar pertumbuhannya maksimal akan tetapi tidak diimbngai dengan asupan beberapa mineral utuk menguatkan tulang dan syarafnya maka secara otomatis tulang akan meudah sekali mengalami cidera karena bobot ayam yang semakin bertambah. nah keseimbnagan  nutrisi pakan inilah yang menyebabkan pertubuhan organ atau anggota tubuh ayam menjadi tidak sinergi lagi.

gambar Berbagai penyebab ayam broiler lumpuh dan cara mengatasinya

diantara penyebab kelumpuhan ayam yang lainnya adalah sebagai yang akan kami terangkan di bawah ini.

kebanyakan dari genetik atau karena turunan bawaan dari indukannya, indukan yang kurang bagus akan menghasilkan anakan yang kurang bagus, kelumpuhan karena faktor genetik akan mengakibatkan strutur tulang tumbuh dengan kurang baik.

kemudian adanya serangan infeksi pada bagian pencernaan atau ganguan pada pencernaan yang akan mengangu proses penyerapan kalsium ketulang ayam. contohnya seperti penyakit Chronic respiratory, Disease (CRD).

pakan ayam kurang mengandung vitamin D yang mana vitamin D ;ini sangat berpengaruh pada penyerapan kalsium, tidak hanya itu juga penyerapan kalsium juga harus diimbnagi dengan bantual vitamin C, fosfor juga sangat penting untuk proses pembentukan tulang.

jika pertumbuhan berat ayam tidak diimbangi asupan kalsium dan mineral lainnya maka justru ini akan menimbulkan tulang ayam yang patah dan retak akibat dari kelebihan berat bobot ayam. 

ayam broiler juga bisa lumpuh karaan terjepit alas kandang maka dari itu jangan sampi membuat celah bambu terlalu lebar supaya kaki ayam tidak gampang terjepit akan tetapi juga jangan terlalu rapat, karena jika terlalu rapat maka kotoran juga tidak akan bisa jatuh kebawah.

Ciri-ciri ayam yang mengalami kelumpuhan :

pertumbuhan sendi yang tidak sempurna mengakibatkan kaki ayam seperti bengkok keluar. lalu adalagi ciri seperti persendian kaki ayam mebengkak yang akan membuat ayam untuk kesulitan berdiri. kaki yang lemah karena kekurangan asupan mineral, ini terjadi pada umur sekitar 25 hari keatas yang mana pertubuhan badanya terlau cepat dan jaringan otot dan tulangnya tidak mampu menahan bobot ayam dan akhirnya berakibat ayam menjadi lumpuh. jika kaki melebar kekiri dan kekanan. ini indikasi ayam akan mengalami kelumpuhan karena kekurangan mineral tadi, baik itu kalswium fosfor dan juga kekurangan vitamin seperti vitamin C dan D

Cara Mengatasi Ayam Broiler Lumpuh :

jika kelumpuhannya disebabkan infeksi karena serangan bakteri maka berikan antibiotik untuk mengobati ayam yang terkena serangan bakteri tersebut, merk yang saya pakai biasanya  Ampicolatau Coliqum.
nah setelah itu lakukan vaksinasi secara menyeluruh.  dan jika kelumpuhannya karena devisiensi vitamin nutrisi tertentu maka cara yang paling gampang adalah ganti pakan, akan tetapi ini juga menjadi pemikiran para peternak yang sudah membeli pakan dalam jumlah banyak, ganti pakan tentu akan sangat merugikan, maka dari itu pilihlah pakan yang berkualitas sebelum melakukan budidaya peternakan ayam ini, jika pakannya yang sudah di beli terlau banyak maka kita bisa mengidentifikasi kira2 nutrisi apa yanga terdevisiensi amaka itu yang akan kita tambahakan kedalam campuran pakan kita. misalnya saja kandung avitamin D nya kurang sehingga proses penyerapan kalsium emnjadi tergangu, maka penambahan vitamin D bisa diberikan ke ayam kita, dan masih banyak lagi lainnya jadi kita sebagi peternak ayam juga harus paham betul bagaimana tentang seluk beluk nutrisi ayam ini.

Semoga bermanfaat...

baca juga artiekl lainnya management pakan broiler agar tidak terjadi kerugian pada peternakan ayam pedaging