Skip to main content

Cara membuat pelet kelinci dengan bahan baku limbah pertanian skala kecil

Ampas tahu sama bekatul doang juga bisa, tapi nanti formulasinya radak susah sih kalo cuman pakai 2 bahan aja, Tapi intinya bisa. Dan gak harus bikin pellet yang pakai mesin yang harga jutaan, kalo ada duit ngangur ya silahkan beli aje deh…tapi gak usah ngoyo, pakek acara ngutang duit ke BRI segala, pakai mesin cetak manual gilingan daging juga bisa, manual dulu ajalah pakai tangan, biar lengan kita juga makin berotot haha…..siapa yang pernah bikin pellet pakai alat ginian cung!!!!

CARA MEMBUAT PELET KELINCI DENGAN BAHAN BAKU LIMBAH PERTANIAN SKALA KECIL

Trus kita ke bahan baku pellet.
Bahan apa sih yang akan kita pakai,  ya tinggal dilist aja, bahan baku apa yang ada disekitar kita.
Contoh Bahan-bahan:

1.      Ampas Tahu 20%
2.      Bekatul (dedak Halus), Bungkil kedelai 30%
3.      Tepung Jagung (jugung giling yang sudah berupa tepung) 10%
4.      Brand polar 30%
5.      bungkil kedelai 10%
6.      molase
7.     dll

Alat pengilingan daging bisa dibeli di toko peralatan dapur disekitar daerah kalian …harga paling yang kecil sekitar 150-200 ribu. Pakan kelinci ini, bisa untuk kelinci pedaging dan kelinci hias dan bisa lebih murah dibanding dengan pabrikan. ( katanya sih, gua juga kagak ngitung haha)

Cara buat pellet

1.       Campurkan semua bahan  dalam bak atau ember, kemudian tambahkan air agar basah dan jangan terlau lembek, komposisinya suka2 ente aje, yang pentingkan jadi pellet atau ngikuti presentase diatas.
2.       Masukkan adonan pellet, trus giling deh pakai tangan ya sampai adonan abis dan tangan mulai terasa pegel..kalo udah mulai pegal2 istirahat mbloo. Nanti jadinya seperti mie panjang.
3.       Masukkan oven atau jemur dibawah sinar leser…eh matahari maksudnya..

 Memang sih ada sebagian yang radak pelit ilmu tentang perpeletan ini.. yaw wajar dah ..soalnya buat bikin pellet sesuai kebutuhan kelinci butuh trial dan error , dan ini membutuhkan waktu yang lama dan menghabiskan biaya berjuta2(katanya). Ya wajar kalo radak pelit ilmu..

Gua juga kalo mau nulis tutorial bikin pellet yang lengkap..sebulan juga kagak kelar2, emang prosesnya itu puanjang banget…kadang sebagian malah radak sussah untuk ditulis dan harus dipraktekkan langsung. Jadi sekarang gua ringkes aja deh.. gua kasih resepnya aja ya…



Sekarang ini semua peternak kelinci memang sudah pakai pellet, bukan karena malas atau engan mencari rumput,  tapi karena dengan pellet semua bisa dikontrol dengan mudah mulai dari kesehatan kelinci, populasi, bobot, harga pakan, harga jual dll. Yang pasti minimal semua pembaca blog ini bisa memiliki peneetahuan tentang pembuatan pelet kelinci, yang kemudian hari bisa menjadi bekal untuk terjun ke bisnis pellet.

Newest Post