Widget HTML Atas

Apa boleh kelinci hamil satu kandang dengan kelinci jantan sampai si betina melahirkan?

ada pertanyaan masuk di wa saya dari beberapa peternak kelinci yang ada di karesidenan Madiun, beliau menanyakan bahwa mas, boleh mencampur kelinci betina yang sudah hamil dengan pejantan sampai betinanya melahirkan?



jawabannya adalah tidak boleh? kenapa ?karena kelinci betina yang sedang hamil jika dicampur dengan pejantan maka kelinci betina akan stress karena pejantannya selalu mengganggu dan meminta kawin kembali sedangkan posisi dari kelinci betina sudah hamil jadi ada baiknya kalian pisahkan kelinci betina terpisah dari kandang pejantan dan usahakan jangan sampai kandang kelinci betina dan pejantan itu berdampingan walaupun tidak satu kandang akan tetapi jika masih berdampingan kelinci betina akan tetap stres.

mencampur kelinci jantan dan kelinci betina hanya dilakukan ketika proses perkawinan kelinci saja, diluar itu setelah terjadi perkawinan, kelinci jantan dan betina harus segera dipisahkan kembali ke kandang masing-masing.

akan tetapi jika kalian memelihara kelinci secara sistem umbaran atau melepasnya di atas tanah dan dalam beberapa koloni yang terdapat beberapa kelinci maka kalian tidak perlu memisahkannya, dicampur saja, jika kelinci betina diganggu oleh kelinci jantan, kelinci betina tersebut akan menghindar, dengan menghindar kelinci betina tidak akan menjadi stres. berbeda saat dikandang jika kelinci betina diganggu oleh pejantan dia tidak akan bisa menghindar Dan inilah yang menyebabkan kelinci betina menjadi stress.

untuk satu koloni ketika kandangnya di umbaran atau di tanah kelinci jantan itu bisa untuk 20 dan artinya dalam satu koloni ada satu jantan dan 20 indukan atau bisa kalian kurangi 1 banding 10 atau 1 banding 5.

jangan sampai dalam satu kandang koloni itu ada dua jantan yang dominan jika ada 2 jantan yang dominan maka kedua jantan tersebut akan bertarung untuk mendapatkan dominasi pejantan dalam kandang.

dan ini akan membuat beberapa kelinci menjadi stress jadi usahakan pejantan itu hanya 1 saja untuk membuahi beberapa betina.
Baca Juga : Apakah Kelinci Takut Gelap