Skip to main content

Cara mengembangkan bakteri em4 secara sederhana agar tidak terus menerus beli

Bahan yang akan kita gunakan
  1. Em4 atau biang bakteri lainya sebanyak 1 botol
  2. 5 liter air kelapa dan juga ditambah denga santannya
  3. 5 liter air cuvian beras yang pertama
  4. Susu kalengan sebanyak 2 kaleng
  5. Gula merah sebanyak 2 kg
  6. Dan air sumur sebanyak 5 liter

Siapkan ember yang bersih dan campurkan semua bahan aduk2 sampai merata dan kesemuanya tercampur lelu kemudian masukkan kedalam jerigen dan biarka  selama 1 minggu. Jika mau perkembangan bakterinya cepat maka pasang aerator kecil saja.


Nah setelah itu maka bisa kita tutup botolnya dan kita diamkan selama kurang lebih satu minggu jadi total keseluruhan pembuatannya memerlukan waktu selama 2 minggu. Hasil dari ternak bakteri ini bisa kita panen sebanyak 1 atau 2 liter sesuai dengan kebutuhan dan bisa kita tempatkan diwadah yang lainnya. Pemanenan lakukan dengan jeda waktu satu minggu sekali. Dengan begini bakteri yang kita kembangkan tidak akan ada habisnya selama baunya masih khas seperti bau tape. 

Nah jangan lupa memberikan santan lalu air cucian beras dan air kelapa agar bakteri yabg kita ternak terus bisa berkembang dan tidaknaka  ada habinya. Lalu tinggal kita panen saja sesuai dengan peruntukannya.
Jika mengiginkan tambahan jenis bakteri dari yang kita ternakkan maka kita bisa menambahkan dengan tambahan yakult lalu yogurt ragi tempe dan ragi tape juga bisa kita tambahkan lalu tersi ditambah dengan usus dari ikan ikan segar dan lain sebagainya.