Skip to main content

Membuat pakan ayam dengan tepung keong mas.

Yang suka makan keong itu biasanya bebek-bebek yang diangon disawah, saya juga belum pernah ketemu  dengan  petani yang memanfaatkan keong untuk pakan ayam, setelah saya google kandungan keong mas emang sangat tinggi sekali terutama proteinnya hampir sekitar 50%.

Kan bagus sekali untuk tambahan pakan campuran ayam, ya sudah kita juga bisa membantu petani mengurangi populasinya disawah, ya karena koeng mas juga termasuk hama, kalo tidak mau repot repot mencarinya minta saja para petani untuk mengumpulkannya lalu kita beli. hargai saja sesuai kesepakatan, toh nanti petani juga keselitan itu keong mau di buang kemana.


Nah setelah terkumpul banyak maka kita tambahkan garam untuk menghilangkan lendirnya dan dicuci bersih lalu kita rebus sampai mendidih agar mudah nantinya dalam mengeluarkannya dari dalam cangkang.

Setelah itu kita pisahkan dari cangkang dan cuci bersih dan tiriskan, iris tipis2 supaya ketika dijemur cepat mengering, dan jika sudah kering siap untuk digiling, wah kok prosesnya ribet sekali ya, tenang saja setelah ini kita akan mendapatkan kandungan bahan pakan ayam yang tinggi akan protein dan pastinya akan membuat ayam jauh lebih cepat besar dan hargs jual ayam juga akan tinggi.

Pastinya lelah kita ketika mengolah keong mas jadi tepung akan terbayar ketika panen ayam tiba. untuk pemakainnya bisa kita campurkan dengan dedak atau bekatul dan campuran lainnya,

Karena keong ini hanya penambah besaran kandungan protein saja.