Widget HTML Atas

beberapa tips yang perlu kalian pahami sebelum peternak kelinci lokal

kelinci lokal adalah kelinci asli dari Indonesia di Asia tersebar di pulau Sumatera suka di pulau Jawa di daerah Jawa barat serta di hutan-hutan yang dekat dengan pegunungan. menurut pengalaman beternak kelinci lokal ini sangat mudah dibandingkan dengan peternak kelinci jenis lainnya karena kelinci lokal asli Indonesia ini sudah katanya para senior kelinci sudah sangat bisa beradaptasi dengan kondisi atau cuaca yang ada di Indonesia selama bertahun-tahun jadi ketika dibudidayakan tidak ada kesulitan yang berarti .

tokopedia.com


Peternak kelinci lokal juga tidak membutuhkan modal yang besar. dikarenakan harga kelinci lokal yang sangat terjangkau dibandingkan dengan kelinci-kelinci yang sejenis lainnya yang terkadang harganya sangat tinggi kelinci lokal juga sangat mudah dibudidayakan dan gampang sekali beranak saran saya jika ingin memelihara kelinci lokal lebih baik dipelihara di atas tanah dengan sistem umbaran biarkan dia membuat sarang di dalam tanah dan seperti kehidupannya di alam liar.

jika kalian memelihara kelinci lokal di dalam kandang dan tujuannya adalah untuk pedaging maka ini sangat kurang pas sekali karena pupuk dari kelinci lokal sendiri sangat susah untuk bertambah.

kecuali jika memang kelinci lokal setelah dikawinkan dengan kelinci ras jenis besar lainnya.

jika memang boleh memelihara kelinci asli lokal maka saran saya gunakan saja pemeliharaan dengan sistem umbaran ini akan jauh lebih praktis dan efisien tinggal kita mencari pakan raja Kelinci akan beranak pinak dengan sendirinya nya.

Baca Juga : Kisah sukses yang menakjubkan dari bisnis kelinci

Cara beternak kelinci lokal


peternak kelinci lokal sama dengan peternak kelinci lainnya seperti kelinci bligon kelinci bligon juga bisa menggunakan sistem umbaran atau langsung di dalam satu koloni kita beri 8 indukan dan 1 pejantan atau kelipatannya.

1 pejantan ini bisa membuahi sampai 10 betina jangan sampai dengan 1 koloni ada 2 pejantan jika ada 2 pejantan yang dominan maka mereka akan berkelahi dan satu sama lain akan berebut kekuasaan atau dominasi wilayahnya sehingga yang satu akan kalah dan tersingkir kemudian akan mati karena mengalami stres.

pemilihan lokasi untuk peternak kelinci lokal juga sangat penting dan harus diperhatikan usahakan agar lokasi kandang itu sangat dekat dengan sumber air karena jika ada jauh dengan sumber air kita harus bersusah payah untuk mengambil air untuk minum kelinci. selain itu lokasi kandang kelinci juga harus bebas dari predator. predator berupa kucing yang mau makan anakan kelinci atau predator lainnya seperti suara suara anjing. dan juga berarti predator yang berupa ular karena kelinci sangat takut sekali dengan ular 

Baca Juga : cara membuat pakan kelinci berbahan singkong
langkah berikutnya adalah mempersiapkan kandang kandang kelinci umbaran itu hanya kita membuat agar saat saya agar kelinci tidak bisa keluar dan juga melindungi kelinci dari predator yang masuk ke dalam kandang.

kemudian pemilihan bibit kelinci lokal biasanya bibit kelinci lokal itu ukurannya sangat kecil. akan tetapi tingkat produksinya sangat tinggi jadi saran saya beli lah beberapa indukan kelinci lokal akan tetapi untuk pejantan nya kalian bisa memilih beberapa dari ras yang mempunyai postur yang besar serta lincah dan nantinya keturunan yang dihasilkan akan lebih besar dari induknya.

proses perkawinan pada kelinci lokal kelinci lokal ini bisa dikawinkan pada usia 5 sampai 6 bulan berbeda sekali dengan kelinci jenis usaha dan atau kegiatan yang mereka inginkan harus menunggu sampai umur 8 bulan sampai 1 tahun.

jika sistem yang model umbaran di atas tanah maka kita tidak perlu repot-repot untuk mengawinkan Kelinci akan melakukan proses perkawinan dengan sendirinya kemudian membuat sarang di dalam tanah tugas kita hanya memberikan pakan serta membersihkan kandang nya jika kontraknya sudah mulai banyak dan menumpuk.

proses kehamilan pada kelinci lokal sama seperti kelinci kelinci lainnya yaitu sekitar 29 sampai 32 hari kita tidak perlu memberikan box untuk beranak karena jika sistem yang menggunakan lembaran di atas tanah dengan sendirinya indukan Kelinci akan menggali tanah dan membuat sarang di dalamnya biasanya kelinci lokal akan berada di sekitar 6 sampai 10 dalam 1 kelahiran dan proses kelahiran ini biasa terjadi pada malam hari.

kenapa indukan kelinci lebih memilih melahirkan anaknya pada malam hari karena untuk menghindari predator atau pemangsa.

Perawatan yang perlu kita lakukan untuk menjaga kelinci lokal agar tetap sehat dan terus menerus tetap beranak adalah menjaga pakannya kita bisa memberikan pakan rumput yang banyak sekali di daerah pedesaan. jangan lupa untuk melakukan terlebih dahulu rumput yang kita berikan kepada kelinci selama 6 sampai 10 jam guna menghindari penyakit kembung pada kelinci.

Kelinci juga bisa kita berikan Pakan sayuran dari limbah dapur. Seperti sisa2 sayuran dan sebagainya.