cara membuat pakan kelinci dengan bahan singkong

Cara membuat pakan kelinci dengan bahan baku singkong adalah sebagai berikut ini.

siapkan singkong atau ubi ketela pohon lalu kupas kulitnya dan cuci bersih kemudian kukus terlebih dahulu sampai kondisi singkong matang.


singkong tidak boleh diberikan dalam kondisi yang masih mentah kecuali jika kalian mau menjemurnya terlebih dahulu maka boleh diberikan dalam kondisi seperti  dibuat gaplek.

jika sudah matang kalian bisa menumbuhkan sampai halus atau kalian bisa menggunakan mesin penggilingan daging supaya proses penghalusan singkong lebih cepat.

setelah singkong setelah menjadi halus tambahkan pollard gandum atau bekatul dengan perbandingan 1 : 1.

Jika kalian mempunyai alat penggilingan daging maka kalian bisa mencetaknya menjadi pelet.

jika tidak ada mesin pengiling daging kalian bisa fermentasi campuran tersebut seperti kalian sedang membuat pakan dengan ampas tahu cara pembuatannya hampir mirip dengan permentasi ampas tahu. Cara fermentasi ampas tahu bisa anda baca postingan terdahulu

kenapa singkong harus ditambah dengan polar sedangkan ampas tahu tidak diberi campuran tambahan bahan apapun ketika difermentasi.
campuran tersebut ditambahkan karena kadar serat pada singkong sangat rendah sekali jika tidak ditambah dengan tambahan bahan baku yang mengandung serat maka pencernaan Kelinci akan terganggu minimal kelinci mengalami diare.

sedangkan pada ampas tahu walaupun tidak ditambah dengan bahan baku lainnya, ampas tahu sudah sangat ideal untuk pakan kelinci karena kadar seratnya sudah di atas kondisi nyaman dari batas yg dianjurkan untuk pencernaan kelinci.
LihatTutupKomentar