Postingan Terbaru

cara mencampur EM4 dengan pupuk kandang

Pupuk kandang atau pupuk kompos yang berasal dari kotoran sapi adalah semua hasil yang dihasilkan dari pembuangan binatang hewan peliharaan yang sudah diolah untuk menambah sifat unsur hara dalam tanah dan menyuburkan lahan pertanian.

contoh saja misalnya ketika kita memelihara sapi atau kita memelihara kelinci serta hewan unggas lainnya seperti ayam maka kita bisa menggunakan kotorannya sebagai pupuk kandang atau kompos.



Cara membuat pupuk kandang dengan bakteri EM4 adalah sebagai berikut ini

sediakan kotoran sapi atau kotoran kambing atau kotoran kelinci dengan bahan tambahan lainnya seperti jerami padi atau gedebong pisang atau bahan lainnya yang tidak terpakai perbandingannya adalah 60 dibanding 40.

jadi misalnya kita membuat kompos dengan campuran sebanyak 100 kg maka 60 kg dari kotoran sapi dan sisanya gedebog pisang atau jerami padi sekitar 40 kg.

dan berapa banyak em 4 yang kita gunakan untuk membuat kompos sebanyak 100 kg kita membutuhkan em4 sebanyak 1 liter

jangan lupa untuk mengaktifkan bakteri yang ada di EM4 terlebih dahulu dengan cara menambahkan air kelapa dan gula merah.

Aduk semua bahan secara merata sampai tercampur. Kemudian bungkus atau tutup dengan terpal sampai kira-kira 3 hari.

setelah 3 hari kita bisa dibongkar nya kemudian membolak-balikkan tumpukan supaya gas yang ada di dalam media ikut keluar.

bolak-balik kan sampai merata sampai semua gas amonia keluar  setelah beberapa saat tutup kembali selama satu minggu.

setelah satu minggu kita biarkan kemudian kita buka tutup terpal nya dan kita biarkan sampai kompos benar-benar terasa dingin tidak panas lagi.

biarkan saja sampai 3 hari setelah itu kompos bisa digunakan sebagai pupuk dan media tanam.


LihatTutupKomentar