Widget HTML Atas

tomat hidroponik nutrisi racikan sendiri

assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh teman-teman industri kelinci semuanya kali ini postingan akan membahas tentang tomat semi hidroponik yang nutrisi AB mix nya bisa kita bikin sendiri dari pupuk yang tersedia di toko pertanian yang kita gunakan antara lain pupuk NPK, KCL, pupuk mutiara, pupuk gandasil, kalsium dan lainnya.

ini adalah tanaman tomat umur tomat 7 hari dari pindah tanam, sudah sangat subur sekali pemberian pupuk nya dilakukan setiap pagi sebanyak 1 gelas Aqua dan media tanam yang digunakan adalah media tanam dari sekam bakar ditambah pasir kita tidak menggunakan tanah. jika bisa menggunakan cocopiet tetapi karena mencari cocopiet di sini sangat susah sekali maka kita bisa menggunakan media arang dari sekam bakar.

larutan pupuk yang kita gunakan adalah sebagai berikut ini 
mkp sebanyak 15 gram 
KCL sebanyak 5 gram 
pupuk za sebanyak 5 gram 
pupuk kalsium sebanyak 5 gram 
gandasil sebanyak 5 gram 
pupuk NPK sebanyak 15 gram 
dan ditambah air sebanyak 15 liter lalu dicampur dan diaduk sampai merata.

Dosis pemberian pupuk ini setiap hari sebanyak 1 satu gelas.

ada sebaiknya di bawah polybag ini kalian bungkus dengan plastik supaya pupuk yang kita berikan tidak terbuang dan terserap ke tanah dibawahnya.

untuk menimbang pupuk sebaiknya kalian menggunakan timbangan gram seperti foto yang ada di atas supaya hasil timbangan akurat dan hasilnya akan lebih bagus.

harga timbangan seperti foto diatas ini sangat murah sekali hanya sekitar rp20.000 atau sampai harga rp30.000 kalian bisa mendapatkannya di toko bahan2 untuk membuat kue. 


Baca Juga : cara mencampur EM4 dengan pupuk kandang