bolehkah kelinci makan roti

Bolehkah roti diberikan untuk kelinci sebagai pakan?  boleh saja, asalkan ada tambahan makanan serat seperti rumput dan juga makanan yang berserat lainnya karena roti adalah makanan yang tinggi akan karbohidrat yang kompleks, kelinci kalian akan sangat sulit mencerna roti,

mereka akan merasa tidak nyaman pada pencernaannya dan juga berpotensi untuk diare atau mencret, pemberian roti terlalu banyak juga akan menyebabkan mereka gemuk dan ini sangat membahayakan bagi kesehatan kelinci.



meskipun roti boleh diberikan untuk kelinci tapi porsinya harus dalam jumlah yang sedikit. roti hampir sama seperti nasi boleh diberikan dalam jumlah banyak, asalkan ada tambahan bahan pakan lainnya seperti bekatul polar dan lain sebagainya.

biasanya para peternak kelinci menggunakan roti bekas atau roti BS dari pabrik untuk digunakan sebagai bahan pakan tambahan campuran untuk pelet, hal ini boleh saja karena jika dalam pelet kita bisa bersama formulasikan, akan tetapi jangan memilih roti bekas yang sudah berjamur karena jika sudah berjamur, ini akan berbahaya bagi kesehatan pencernaan kelinci.


LihatTutupKomentar