Widget HTML Atas

CARA MEMBUAT EM4 ( Efektife Microorganism 4) Sendiri.

EM4 sangat penting dlm dunia pertanian,, apalagi pada pertanian organik,, maka em4 seolah wajib ada sebagai media pendukung...
Namun di beberapa daerah Em4 ini sangat sulit di dapat,, blm lagi harga em4 ini lumayan terbilang mahal mencapai Rp. 25-30rb/ Liternya..


Dalam kesempatan kali ini saya akan memposting cara pembuatan Em4 Pertanian supaya bisa di buat sendiri di rmh masing²..

Cara membuat EM4 Pertanian Sendiri.
Bahan² nya :
1. Buah Pisang matang dg kulitnya ½ kg
2. Buah Pepaya matang dg kulitnya ½ kg 
3. Buah Kacang panjang segar ¼ kg 
4. Batang pisang muda bagian dalam 1 kg 
5. Buah Nanas matang dg kulitnya ½ kg 
6. Kangkung air segar ¼ kg 
7. Terasi 100 Gram.
8. Air tuak (Air sadapan Aren) alternatif lain nya bisa pakai Air Kelapa 1 liter.
9. Dedak Halus ½ kg.
10. Air Leri 4 liter.
11. Gula pasir 1 kg.
12. Yakult 2 botol.

Proses pembuatan nya :
*. Blender semua bahan² diatas seperti Pisang,, Pepaya,, Kacang panjang,, Nanas,, Kangkung,, dan dedak halus dg menggunakan Air leri (Air Cucian Beras pertama)
*. Setelah Semua Bahan² halus campurkan semua bahan dari no 1 sampai 10. kedalam Panci lalu rebus sampai mendidih,, setelah mendidih lalu angkat diamkan hingga agak dingin..
*. Setelah rebusan agak dingin masukkan Gula pasir dan Yakult lalu aduk sampai gula larut semua..
*. Setelah semua bahan tercampur Masukkan semua bahan kedalam wadah yg ada tutup nya seperti Ember,, Toples besar,, atau Jrigen lalu Fermentasi selama 10-15 hari..
Selama fermentasi berlangsung Media harus di buka tutupnya setiap hari untuk membuang gas yg di hasilkan mikroorganisme dari proses fermentasi tsb.
Setelah di fermentasi selama 10-15 hari maka EM4 Pertanian sudah jadi,, lalu saring dan pindahkan bahan tsb dalam wadah steril..
Em4 Siap di pakai untuk segala keperluan pertanian seperti untuk bahan Decomposer pembuatan pupuk organik,, Penemprotan ke tanaman dll...
Em4 ini Kuat di simpan sampai dg 6 bln kedepan.

Trimakasih.
Semoga Bermanfaat..
Salam Petani Maju..💪💪💪
By : Khumasa Saka.
Baca Juga : Pengalaman nemu ikan lele disawah lele liar makan gabah