Widget HTML Atas

fermentasi pakan ikan gurame dengan EM4

selamat pagi teman-teman pada postingan kali ini kita akan membahas masalah tentang bagaimana cara membuat fermentasi pakan ikan gurame menggunakan probiotik EM4.



Probiotik sendiri adalah mikroba yang dominan berasal dari mikroba positif yang baik bagi kehidupan ikan.

manfaat probiotik pada ikan salah satunya adalah menghindari dari serangan penyakit pada ikan dan meningkatkan efisiensi pangan serta pembuatan produksi akan menjadi lebih cepat panen.

untuk mendapatkan probiotik kita bisa mencarinya di alam dengan memcari atau mendapatkannya dari  mikroba mikroba yang ada di sekitar kolam ikan.

kita juga bisa menggunakan produk probiotik yang dibuat oleh pabrikan dan yang dijual di pasaran keduanya memiliki manfaat yang sama untuk meningkatkan budidaya ikan gurami dan mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Penggunaan probiotik pada pembudidayaan ikan gurame memberikan hasil yang sangat optimal bagi pembudidaya ikan dan tidak beresiko tinggi serta sifatnya yang murah dan menghasilkan.

beberapa pakan ikan gurame dari tumbuhan diantaranya adalah sebagai berikut ini ampas tahu, ampas kedelai ,ampas kelapa, daun pepaya, daun singkong, daun lamtoro, kotoran sapi, kotoran ayam kering, dan juga kotoran hewan lainnya, azzola

pakan ikan gurame yang berasal dari hewan diantaranya adalah ikan teri, limbah udang, cacing tanah, belalang dan hewan kecil lainnya.

cara membuat tanya adalah sebagai berikut ini siapkan wadah atau tempat yang kita gunakan untuk mencampur pakan ikan gurame.

Ada baiknya kita menggunakan wadah yang terdapat tutupnya.

semua pakan dan daun-daunan digiling sampai  kecil sementara itu untuk bahan pakan dari hewani juga dihaluskan.

campur semua bahan tersebut sampai merata kemudian kita tambahka  EM4 sebagai fermentor.

Jangan lupa untuk mengaktifkan EM4 terlebih dahulu dengan menambahkan air kelapa dan gula merah.

setelah itu kita masukkan semua bahan pakan ikan gurame tadi ke dalam drum padatkan sampai tidak ada rongga di dalam drum.

fermentasi pakan ikan gurame tersebut selama kurang lebih 10 hari dan setiap 2 hari sekali tutup dibuka untuk membuang uap dan juga gas yang ada di dalamnya.

pemberian ikan gurame dengan cara menaburkan pakan ke dalam kolam dengan jangan lupa setelah mengambil pakan tutup kencangkan kembali sehingga pakan tidak terkontaminasi oleh bakteri yang berasal dari luar.